Rabu, 24 Juni 2020

Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog

Resume KULIAH Online Bersama PGRI, IGTK dan Penerbit Andi
Waktu           : Rabu, 24-06-2020: 19.00-21.00
Narasumber  : Dedi Dwitagama
Materi          : Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog
HARI Rabu (24/06/2020) malam, ini Kuliah Online Bersama PGRI, IGTK dan Penerbit Andi kembali dilanjutkan. Malam ini materi dasarnya sama
dengan sebelumnya-sebelumnya, "Belajar Menulis dan Menerbitkan Buku" dengan sub materi, "Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog." Dan malam ini Kuliah Online bersama narasumber, Pak Dedi Dwitagama. Sementara moderator adalah Ibu Fatimah. Terlebih dahulu silakan baca Profil Pak Dedi yang akan menjadi narasumber malam.
Profil 
Pak Dedi Dwitagama adalah seorang Pendidik, Trainer, Nara Sumber dan Motivator bidang Pendidikan, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif/Creative Writing, Pendidikan Karakter dan Komunikasi/TIK. 


Tujuh belas tahun menjadi Guru di Sekolah Teknologi Menengah Negeri 39 Jakarta, 2005 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jakarta, 2009 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 36 Jakarta, Sekolah khas dimana terdapat program studi nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan dan agribisnis perikanan, dan sampai Nopember 2011 menjadi Kepala Sekolah di SMKN 29 Penerbangan Jakarta yang merupakan satu-satunya sekolah Penerbangan Negeri di Jakarta hingga akhir tahun 2012, saat ini menjadi Guru Matematika di SMKN 50 Jakarta.

Sesi Materi
Ibu Siti Fatimah (SF): Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izinkan saya kembali hadir di sini sebagai moderator. Kuliah online ini digelar gratis supaya kita semua dapat menulis dan menerbitkan buku. Baik, malam ini kita akan bersama guru handal yang luar biasa, banyak ilmunya. Beliau sudah hadir bersama kita. Beliau adalah bapak Dedi Dwitagama. Kepada pak Dedi kami persilahkan.
Inilah dia sang pencerah dalam menulis, yaitu pak Dedi Dwitagama. Kepada pak Dedi Dwitagama Kami persilahkan. Silakan Bapak. 


Dedi Dwitagama (DD): Assalamualaikum, selamat malam teman-teman yang hebat se-Nusantara, kita jumpa lagi buat yang pernah jumpa, ... yang belum, perkenalkan saya Dedi Dwitagama. Profil bisa dilihat di awal (bagian atas) tulisan ini.
 
Kita mulai dengan pengertian tentang BLOG --- blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang-orang sedunia. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. 

Blog pertama saya tahun 2005 masih tayang hingga saat ini http://dwitagama.blogspot.com. Th 2007 saya hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com.
Ini ada promosi disampaikan Pak Dedi melalui chat WAG ini,

Anak-anak sekarang mengalami banyak masalah yang lebih berat daripada zaman orangtuanya dulu.
Makhluk bernama internet berdampak kebebasan informasi tak terbatas, dan menjadi sumber lahirnya masalah-masalah yang dulu belum pernah ada. Dan sebuah riset sederhana menunjukkan pelajar remaja kita lebih banyak punya masalah non akademis daripada masalah akademis.

Jangan terlambat untuk memberi bekal anak kita tentang kemampuan problem solving.
Ikuti online workshop  dan daftarkan di: https://bit.ly/Psolving. CP: 0878 5462 6474
Nb: bagi yang ikut seminar ini dan yang beruntung akan mendapat doorprize menarik dari PT. Epson Indonesia.

DD: Manfaat blog buat saya yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat" di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun .... seperti keranjang yang saya titip di dunia maya. Fakta, bukan hoax ya. Pak.memprihatinkan anak SD yang merokok di Indo sekarang sudah biasa, anak balita pun sudah banyak yang merokok. Ya fotopun bisa berkisah. Eh, supaya interaktif ... teman" boleh bertanya dan saya perdalam materinya melalui apa yang teman" ingin ketahui, silahkan.

SF: Sungguh luar biasa. Ayoooo buruan kita bertanya biar seru.
DD: Sejak ada instagram, blog, foto itu jadi jarang terjamah Bunda. 

SF: Baik bapak ibu hebat semuanya dari grup 1 hingga 12 silahkan ajukan pertanyaan Ok. Terimakasih.

Assalamu'alaikum. wr.wb. Selamat Malam. Saya Mardiyanto dari Kapuas Kalteng gelombang 12. Pertanyaan saya Mengapa pada tahun 2007 Pak Dedy Pindah platform Blog dari blogger ke wordpress?  Terima Kasih

Sangat terkesan dengan Pak Dedi. Ilmunya banyak. Saya mau tanya tips mengubah resume kulwap jadi susunan buku yang menarik. Trmksh. AAM NURHASANAH, LEBAK-BANTEN.

Pak Dedi izin bertanya: Bagaimana menjaga kekonsistenan bapak dalam menulis? Assalamu'alaikum Pak Dwi.

Sy Arnita dari Jogja. Mau bertanya Bapak. Mengapa Bapak beralih dari blogspot.com ke wordpress.com? Terima Kasih. 

Bapak sudah menulis lebih dari 4.100 artikel. Apakah ada tips agar bisa konsisten menulis di blog?
Terima kasih pak...

Saya mau bertanya juga foto adalah kenangan dalam hidup kita ada tidak foto terindah Dalam kehidupan bapak, mohon maaf silakan di jawab bspak, Terimakasih.

Makasih pak Mardiyanto, 2007 wordpress muncul, seperti pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone. 

Saya bu Agathe dr Kalteng. Apa tips untuk meningkatkan kualitas isi tulisan? 

Oke pertanyaan nya kita sudahi dulu ya BAPAK ibu kita beri kesempatan untuk pak Dedi Dwitagama menjawab dulu ya. 
Assalamualaikum, Pak Dedi, bagaimana mengatur waktu agar bisa melaksanakan hobi menulis di sela2 kesibukan? Wahyuning-JAKARTA. 

Makasih bu Arnita, 2007 wordpress muncul, spt pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone.

Saya menulis kapan aja saat ide muncul, saat ini saya sering menulis saat menunggu anak di lokasi parkir sekolahnya, sambil denger musik di mobil, menulis dg gunakan HP. Dan tak perlu diedit, langsung tayangkan saja. 

Hanya satu kata yang bisa saya ungkapkan, "Masya Alloh..." saya terpana melihat deretan prestasi dan aktivitas bapak yang begitu banyak... Saya jadi penasaran bagaimana bapak mengatur waktu agar semua aktivitas bisa dilakukan dengan baik? Apakah bapak pernah mengalami kebuntuan dalam berpikir dengan seabrek aktivitas? Lilis Erna Yulianti- Majalengka.

Usahakan makin sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan, plus sering" berkunjung ke blog teman sbg pembanding. Balas komentar pembaca blog kita, hal itu akan meningkatkan motivasi menulis lagi ... dan lagi, happy deh. 

Nuhun bu lilis ... waktu itu milik kita, dan kita yang mengendalikan, oleh sebab itu saya tak membuka group WA, lebih senang membuka portal resmi yang minim hoax, jarang ngerumpi, lima belas menit sebelum absen pulang saya berusaha posting tulisan atau menjadwalkan utk terbit minggu depan

Assalamualaikum Pak Dedi. Say Santi dari Jayapura. Semoga Pak Dedi Masih ingat saya yg bertanya waktu Zoom conferensi blogger,  Pak Dedi adalah salah satu idola saya. Karena Bapak saya lihat orangnya tenang  berwibawa, tapi humoris. Tapi karyanya luar biasa. Apa sih pak rahasianya agar bisa membagi waktu seperti bapak  ada fotografer ada nulis ada kesibukan lain yg buanyaaak sekali. Tapi Bapak nampak santai. Saya pingin bgt terlihat santai padahal fokus menjalankan sesuatu nya .

Selamat malam, saya Isnawati dari Kalimantan Tengah. Luar biasa ketika saya mengklik tautan pertama yg bapak bagikan. Apakah seorang yg luar biasa seperti Pak Dwi memiliki seorang inspirator? Boleh cerita sedikit Pak . Terimakasih..

Sangidah dari Jawa Tengah,
1. Trik apa yang bpk lakukan untuk mendapat follower ribuan?
2. Artikel yang bapak tulis sebagian besar temanya ttg apa? Terimakasih.
Pa Dedi bagaimana rahasianya supaya blog kita terlihat menarik dan banyak pengunjungnya .
Assalamu alaikum pak Dedi. Gimana caranya ngilangin kebiasaan nulis yg sangat bergantung pada mood.

Bu Aam ... buku menarik itu sangat subjektif ... sedrhananya mah, coba tempatkan diri kita sebagai pembaca buku yg kita tulis ... amati apakah tulisan kita menarik atau tidak, jawab sendiri secara jujur ... minta tolong teman atau keluarga untuk menilai ... perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitkan .... karena kalo diulang-ulang pasti selalu ada yg kurang.

Mohon maaf bapak ibu. Izinkan bspak Dedi dwitagama menjawab dahulu. Nanti setelah selesai baru kita lanjut bertanya. Terimakasih banyak.

Salam bu santi ... saya sudah biasa seran ... serius tapi santai ... supaya bisa fokus, tetapkan tujuan kegiatan kita, tak perlu dengan kita punya teman" bicara apapun .... jalaaan saja, terus jalan menuju tujuan yg diinginan, jika lelah istirahat, jika sedang fit bolehlah berlari ... nanti maca akan sampai pada tujuan.

ALoow Bu Isna, waktu SMA saya pernah ditunjuk sekolah mewakili semua murid utk ikut seminar di Jakarta, yg pembicaranya Prof, Arief Rachman ... sejak saat tu saya sangat terinspirasi dg beliau ... sayang saya tak bisa jadi Doktor karena disertasi saya tak tuntas akibat terima job dua tahun keliling Indo bersama BNN RI semaikan anti narkoba.

Sangat menginspirasi saya, pak... HP saya banyak banget grup WA. Kebanyakan sih yang di add teman... Saya juga mau ikut jejak bapak... mau sortir lagi grup WA yang benar2 manfaat dan minim hoax.. Terima kasih atas masukannya.

ALoow Ibu Sangidah, saya follow blog orang ... dan dia jadi follow saya atau sebaliknya ... temanya kebanyakan ttg pendidikan .... tapi kalo ada ide ttg apa saja, saya tulis dan uplot. Spy blog kita banyak pegunjungnya, kita harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita. Saat tak ada mood .... kunjungi blog orang lain .... muncul ide deh, langsung tulis dan uplod.

gils beuuut (kata anak skarang) ... pertanyaannya bejibuuun, sudah habis bu Fat ... silahkan yg mau bertanya lagi, saya siaaap.

Pak, saya umi dari Yogyakarta.
Bagaimana memunculkan kalimat pertama yang menarik perhatian?
Assalamualaikum Pak, Saya Dewi (Cinere, Depok). Pertanyaan saya, apakah dalam menulis, ada aliran-aliran yang bisa kita temukan layaknya pada seni lukis? Bila ada, bisakah seorang penulis berganti-ganti aliran menulis? Terima kasih.Gelombang 4.
Assalamu'alaikum, Saya Titin Sumartini dari Subang. Ijin bertanya pa.
1.Mengapa bpk hijrah dari blog ke wordpress?
2.Bagaimana tips bpk menjadi Kepala sekolah yg berprestasi

Monggo Bu Umi .... Tulis langsung ide tulsan anda pada kalimat pertama, setelah itu lanjutkan dengan uraian yg diperlukan, sertakan foto dan video spy lebih joss. Salam bu dewi .... jika kita tanya ke dosen bahasa indo, pasti ada aliran" tulisan ... krn sy guru matematika .... saya mah tulis aja apa yg saya mau tulis ... biarkan pembaca yg menilai. Salam bu titin, 2007 wordpress muncul, spt pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone ... saya menjalankan penugasan dinas, ikuuut aja, melengkapi semua persaratan, ternyata menang ... karena kata jurinya beberpa tahun kemudian ... sy dinilai menguasai teknologi dalam bekerja ... padahal saya mah cuma user aja.

Tulis pertama kali, atau terakhir sbelum uplod ... gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin melanjutkan hingga habis artikel, misalnya: "Apa komentar kamu melihat meja belajar di sekolah banyak coretan dan tembok jalan yang kamu lewati banyak coretan seperti dua foto di atas?" silahkan liat posting lengkapnya di https://dedidwitagama.wordpress.com.
ada yg belum saya jawab pertanyaanya? .... silahkan
eh, pertanyaanya sudah habis .... silahkan .... agar interaksi kita bermanfaat, happy deh
Baik bapak ibu silakan kembali ajukan pertanyaan nya.

Saya bu sri,  mau bertanya buku yang pernah diterbitkan judulnya apa ya Bpk?
Siaaap bu fat .... saya gemar foto humanistik .... jadi kalo pas ada job keluar kota saya selalu hunting foto objek" di daerah itu ... malah jarang foto diri saya.

Saya pernah menerbitkan buku cetak Matematika SMK, penerbit galaksi, Penelitian Tindakan Kelas bersama Om Jay, Buku Narkoba, dan tulisan" lepas di majalah PGRI.

Assalamu’alaikum, Pak Dedi. Bolehkah kita mendokumentasikan sebuah tulisan yang sama ke dalam lebih dari satu blog pribadi? Misalnya tulisan yang saya tulis di blog.spot, saya isi juga di wordpress. Terima kasih! (Hamdani – Kepri).

Silakan bspak, ALoow Pak Hamdani .... itu boleeeh, karena blog itu seperti majalah atau rumah kita, apapun boleh kita isi ... tetapi jika bapak memiliki blog di kompasiana.com sebaiknya bapak posting di kompasiana dulu baru bapak kopi paste di blog" lainnya ... krn kompas punya sistem yg bisa tahu tulisan kita sudh tayang di tempat lain ... dan itu bisa membuat kita di suspen.

Assalamualaikum..Sy Esti dari Bangka Belitung, mau bertanya ke Narsum yg super dan sgt menginspirasi sekali dan penuh dg segudang prestasi dan pengalaman. Luar biasa salut dg Pak Dedi Dwitagama.  Pertanyaannya adalah dari blog yg sdh kita buat bagaimana cara untuk menjadikan sebuah buku❓ Adakah syarat dan langkah-langkahnya biar hasil bukunya bagus. Mhn pencerahannya.  Tks.

Silakan bspak. Saat ini saya sedang menikmati mainan baru: Podcast .... listen https://anchor.fm/dwitagama. aloow bu esti, terima kasih apresiasinya ... kumpulkan tulisan anda dari blog, kelompokkan tulisan berdasarkan tema ... konsultaikan dg editor atau fihak penerbit, anda akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca, smg sukses.

Bagaimana agar kita bisa nulis di kompasiana, apa syaratnya pa? Terimakasih🙏
Cuma email saja ... isi bio data, masukkan foto, langsung nulis deh.
alhamdulillah
mohon tips langkah simple logis tuk mulai nulis bagi newbie seperti saya.

Slmat malam pak.. Maaf pak mnurut bpk.. Apakah mnulis di worpress lbh nyaman di bandingkn  di blog.. Tentu ada klbihan dr wordpress.. Klbihan apa dr wordpress di bnding dg blog. Soalnya saya msh bingung. Smntra mnulis do blog.jika sdh mmliki blog dan nnti mmliki wordoress jg.. Takut ga tetisi tulisan.. Cnderung ke salah satunya.bgmn tips mengelola kedua2nya agar srmua tetap terisi.. Tulisan kita.. Terimakasih..

Sumarjiyati- GK, Silakan bspak.Aalooow pak andang .... tulis wae nao nu aya di fikiran ... ulah didit ... langsung posting setelah dilengkapi foto.
Dear Bu Sumaryati, soal nyaman itu selera, tulisan ibu di blogspot semuanya bisa di impor ke wordpress .... jadi blog wordpress ibu langsung banyak isinya .... terusin deh. Simpel tapi pasti.

Baik kita lanjutkan
Apakah anda mau kelola keduanya atau fakus salah satu aja .... terserah anda, sesuaikan dg kemampuan dan waktu yg and miliki.
Assalamu'alaikum pak dedi. Izin bertanya. Apakah semua kegiatan kita cocok untuk didokumentasikan? Bagaimana kalau kegiatan itu kita nilai biasa2 saja?
Adi_ tangerang
Silakan bspak
ALoow Pak Adi .... idealnya semua kegiatan anda, kegiatan sekolah anda harus didokumentasikan, penilaian biasa" itu kan menurut anda ... buat orang lain di tempat lain bisa jadi luar biasa ... sperti anda membuang gelas air kemasan yg and anggap tak bernilai, buat pemulung itu luar biasa, bisa menyambung hidupnya
Cukup terkesan
Kita lanjutkan
Selamat malam Bapak Dedy
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Bagaimana cara mendokumentasikan foto atau gambar dalam blog?
Terima kasih
Silakan
Bapak
 Kita lanjutkan
Selamat malam Bapak Dedy
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Bagaimana cara mendokumentasikan foto atau gambar dalam blog?
Terima kasih
Silakan
Bap
 Maaf saya mohim tanya... Dalam penulisan di blogger itu apakah harua puamjang tulisannnya ya...kira2 kalau di hitungan halaman ...berapa halamankah?🙏wiwit gresik gelombang 6
Silakan bspak
Buat kami itu sungguh sangat luar biasa Dan istimewa
Buat yang lain belum tentu
aloow bu wiwit ... umumnya tulisan saya berisi 3 alinea, kadang hanya satu alinea melengkapi satu foto saya, ini contohnya: https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/26/podcast-lebaran-2020/
Sama bapak
Baik kita lanjutkan
Ass wr wb
Izin bertanya
Aidil fitriani dari Tenggarong
Bagaimana fhotografy pak ..apakah Bpk belajar tekhnik khusus ??
Silakan
Bapak
ALoow Ibu Aidil ... fotografi seperti bermusik dan bercita, semakin sering kita melakukan maka makin pandai lah kita, saya belajar juga dari blog" fotografer profesional dan channel or instagram mereka, saya prektekin deh
di channel yutub saya ... banyak dokumentasi latihan dan pentas anak" ekskul
ALoow Ibu Aidil ... fotografi seperti bermusik dan bercinta, semakin sering kita melakukan maka makin pandai lah kita hahaha, saya belajar juga dari blog" fotografer profesional dan channel or instagram mereka, saya prektekin deh ... mau kursus fotografi mahal, mending saya pake uangnya buat nambah koleksi kamera dan lensa aja
alhamdulillah, kembali kasih
Assalamualaikum Pak, saya Lilis Nurhayati (lisnur) dari Bandung, saya merasakan masih sulit menuangkan ide atau gagasan, saya merasa sulit untuk memulai dalam membuat tulisan, kebingungan kata-kata pembukanya apa, mohon advive nya 🙏 gel 4
Silakan bspak
Dear Ibu LisNur, saat punya ide, langsung ketik di gadget anda sebelum lupa ... saat ada waktu, lanjutkan deh tulisan itu, lengkapi dengan foto sendiri atau cari di google, upload deh
Wooo cukup gampang banget kayak nya
wordpress dan kompasiana menyimpan tulisan kita yg belum diterbitkan di folder draft ... matangkan dan tayangkan ... agar blog kita bertambah isinya
Kita lanjutkan
Assalamualaikum pak Dedi, sy cndra dr Langkat... apakah pngunjung blog bpk dr beragam latar belakang usia pak? Bagaimana siasat agr blog kita mau dkunjungi oleh bnyk org dr beragam latar belakang pak?
Silakan bspak
memang gampang, karena HP kita smart ... persoalannya mau atau tidak pemiliknya mengeksekusi
Tepat sekali
kalau kita kadung nulis di blogspot tp kepikiran nulis di kompasiana, gimana ya Pak?
Apa artikel2 yang sudah tayang harus ditarik/edit dulu,
buka kompasiana - lalu posting,
setelah beberapa waktu baru dipost kembali di blogspot
Apa mungkin seperti itu ya?
Sy Amat Misnadi, Bandung.
 Alhamdulillah
Kita lanjutkan
Assalamu’alaikum, Pak Dedi.
Bolehkah kita mendokumentasikan sebuah tulisan yang sama ke dalam lebih dari satu blog pribadi? Misalnya tulisan yang saya tulis di blog.spot, saya isi juga di wordpress. Terima kasih! (Hamdani – Kepri)
Silakan bspak
Saya akan meniru jejak bapak, smg bisa...
ALow Pak Amat Misnadi, tulisan anda di blogspot dijadikan sebagai inspirasi, tulis lagi dg perluasan dan bumbu" agar lebih menarik, tayangkan di kompasiana, keren deh
misal tulisannya sudah jadi Pak, fully edited versi kita
boleh pak hamdani. suka" kita, karena blog itu seperti rumah kita yg bebas kita mau isi apa
Alhamdulillah
Kita lanjutkan
Mlm bu ijin bertanya pd bpk Dedi narsum hbt, nama bpk I Nengah Suradnya dr Bali..Bagaimnkah menumbuhkan rasa Cofidance bpk, saat tampil sbg pmbicara du berbagai level Nas dan Intetnasional?
Silakan bspak
intinya mah pak, jangan kopi paste buat kompasiana, bakal dihapus sama adminnya ... kalo dari kompasiana dikopi ke blog lain gapapa, cobain deh
siap
 Matur sukseme Pak Suradnya, persiapkan materi yg diminta penyelenggara, paparkan materi yg kita kuasai, siapkan slide, dilengkapi foto dan video pendukung, berlatih di depan kaca atau teman dan keluarga ... jangan pernah menolak jika diminta presentasi, soal dibayar atau tidak ... bakal datang bayarannya kemudian, saya pernah presntasi 182 sepanjang satu tahun .... bis beli mobil barru scara cash pak ... hahahaha gegara blog ... krn panitia yg mengundang menemukan saya di google
alhamdulillah, sehat terus Om Jay... aamiin yra 🤲
Selamat Malam Pak Dedi. Apa kelebihan blog keroyokan seperti kompasiana dibandingkan blog pribadi (blogger atau wordpress)? Kang Mardi Kalteng
Baik terimakasih banyak bapak Dedi dwitagama bapak menbabat habis pertanyaan pertanyaan dengan dengan sangat mudah dan cepat serta tepat sasaran, Terimakasih banyak
Mohon maaf semua nya kepada peserta menulis dari gel 1 hingga 12
Jika masih ada pertanyaan silahkan japri pak Dedi
Mohon maaf karena waktu yang tidak menginginkan kita
Silakan psk Dedi
Untuk membuat kesimpulan

Kesimpulannya: 
Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain. Peribahasa gajah mati meninggalkan gading, dst ... kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang skarang bisa kita kelola menggunakan HP ... Apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula .... Menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas ... Nikmati hasilnya kemudian 

Assalamualaikum, pak Dedi maaf gimana cara agar akun kita di kompasiana tervalidasi. Saya pernah nulis di kompasiana kalau tidak salah 3x. Tapi sampai sekarang ktrangan akun saya blum trvalidasi. Saya coba upload KTP tapi tetap saja gagal. Mohon saran. Trimkasih.
Saya tunggu link blog teman" dan jika ada pertanyaan lain silahkan japri saya. Maaf jaringan lemah, jadi soal baru terkirim.

Tidak mengapa. Upload foto ktp ... lengkapi semua persyaratan, jangan ada yang terlewat ... akan tervalidasi deh.
Alhamdulillah. Sudah pak, tapi gagal terus. Apakah karena ukuran foto terlalu besar ya?
Terimakasih banyak bapak
Siap, mkasih ilmuny , sangat bermanfaat.
Mohon maaf, silakan japri aja, Terimakasih
Silakan di simpulkan bspak
Terimakasih
Baik bu fat. Trimkasih.
Alhamdulillah terima kasih banyak.
Baik'kuliah kita selesai lah sudah
Mohon doa nya buat omjay Dan keluarga
Terimakasih banyak bapak ibu semuanya
Mohon pamit dahulu
Wassalam
Terimakasih bu fatimah yang hebat. Saya juga mohon pamit. Perkenalkan nama saya Aam Nurhasanah dari Lebak Banten. Tadi dipinta Omjay meneruskan materi dari Pak Dedi. Selamat beristirahat dan semoga Omjay cepat diberikan kesehatan seperti sedia kala. Aminn.. Salam hebat buat seluruh guru di Indonesia

1 komentar:

  1. Ibarat menabung, blog adalah tabungan atau rekening tulisan yang sewaktu-waktu bisa dibuka dan diambil kembali.

    BalasHapus

Beri Komentar

Postingan Terbaru

MUI Laksanakan Lomba Pidato Antar SLTA

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karimun melalui Komisi Pendidikan dan Kaderisasi, Kamis (10/10/2024) melaksanakan kegiatan Lomba Pid...