Kamis, 04 Juni 2020

Hati Nurahayu: Cara Menerbitkan Buku dari Hasil PTK (Resume ke-2)

KULIAH Online Bersama PGRI, Penerbit Andi dan Om Jay
Waktu           : Rabu, 03.06.2020 : 19.00-21.00
Narasumber  : Hati Nurahayu, SPd
Materi           : Menerbitkan Buku dari Hasil PTK

"Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh." Pertemuan diawali dengan sapaan Om Jay. "Selamat malam guru guru hebat Indonssia." Om Jay melanjutkan. "Malam ini kita akan
mendapatkan materi tambahan kedua dari ibu Hati Nurahayu dari Bandung. Adapaun yang menjadi moderator kita adalah ibu Fatimah dari Aceh. Kepada Ibu Fatimah Om Jay persilakan memandu acara kuliah kedua malam ini." Om Jay menyerahkan kepada Ibu Fatimah kegiatan selanjutnya.

"Baik Om Jay. Terima kasih banyak atas kepercayaannya." Ibu Fatimah menerima amanah yang diberikan Om Jay sebagai moderator malam ini. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.  Bismillahirrohmaanirrohiim...selamat malam, sahabat semua. Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh." Bu Fatimah mengulangi salamnya.

"Terimakasih, malam ini saya diberi kesempatan oleh Om Jay, dadakan  kemarin diminta beliau... semoga bisa menyampaikan (memandu acara ini). Malam ini materi kuliah kita adalah  tentang  menerbitkan  hasil PTK (menjadi buku)." Maksudnya tentu menerbitkan menjadi buku ber-ISBN.

Lalu Ibu Fatimah mempersilakan Ibu Hati Nurahayu sebagai narasumber kita malam ini untuk memulai.

"Semua guru pastinya, terutama yang diwajibkan menulis, biasanya bagi PNS untuk memenuhi naik pangkat tentu akan menulis.  Susah susah gampang dalam menyusun  atau menentukan latar belakang  menentukan PTK. Itu modal  atau titik awal  yang menentukan  PTK dapat dilakukan. Artinya, latar belakang sebuah PTK itu akan menjadi kunci untuk menentikan langkah selanjutnya dari kegiatan PTK.

Lalu  setelah  membuat PTK dapatkah kita  mendapatkan  nilai PAK versi lain,  ini terutama bagi PNS tentu saja penting dan akan menentukan. Selain artikel untuk dijurnalkan, PTK dapat pula  kita jadikan buku. Buku yang diterbitkan. Buku ini tentu memiliki kebermanfaatan lain. Antara lain juga sebagai bahan literasi. Sebagai bacaan pendidik lain dalam melakukan PTK-nya juga.

Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. Saya menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis. dan tentunya saya tidak menerbitkan asal langsung  cetak hasil PTK saja. Tetapi mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebih oke penampakannya untuk dibaca, dan juga agar lebih menarik.

Bagaimana caranya?.. Ini versi saya.  (lita foto). Akan saya bagikan. Perlukah saya memberikan contoh terlebih dahulu dari PTK? Ini misalkan contoh PTK sederhana saya  tahun 2014. Dapat dilihat foto dan isinya.


Selanjutnya, bagaimana saya membukukannnya?  Bisa menjadi 2 versi. (silahkan baca terlebih dahulu..materi yang sudah dikirimkan itu)

Saya mohon  yang menerima   materi ini tidak dipublis di  web. Ini hanya untuk pribadi peserta di sini, karena saya pernah mendapatkan  file Peuyeum Bandung saya di-share di salah satu penerbit terkenal tanpa meminta izin terlebih dahulu ke saya.  Saya memang belum menghubungi mereka.
Bagus sekali.


Trik Mengubah-PTK (silakan unduh) Menjadi Buku.

Ini buku versi ke-2 yang saya susun bagaimana menerbitkan buku PTK kita.

Teman teman boleh menentukan, mau versi satu atau versi saya yang pernah saya buat. silahkan bebas memilih. Ini merupakann beberapa PTK dari Inobel maupunn Best Praktis yang saya terbitkan menjadi buku, karya sahabat guru nasional. Ini juga, cara kita mengambil judul dari PTK saya simpelkan seperti ini.

Salah satunya buku Om Jay, PTK yang telah lolos Inobel 2018. dan menjadi buku saya ubah versi penyusunannya, agar tidak seperti laporan Inobel atau PTK

Karena banyak penulis yang belum mengubah PTK menjadi buku, saya lebih mengarahkan mereka mengubah versi buku terlebih dahulu.

Mungkin itu yang sempat saya sampaikan. Untuk pertanyaan silakan disampaikan semoga bisa membantu penulis menyusun buku ya. dan saya masih belajar…mohon maaf bila salah dalam isi penyampaian.

Iya, .. dalam mengubah PTK menjadi buku, penting sekali memperbannyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita. Atau lebih memperluas isi bacaannya. Tentunya berdasarkan sumber yang relevan.

Atau kata kunci dari PTK kita.. banyak guru kebingungan mencari judul. kita gak usah bingung, Ambil intinya saja buku kita jadi asyik untuk dikembangkan menjadi buku bacaan juga dari PTK kita.

Sesi Tanya-Jawab:

Saya M. H. Pahdi dr Banjarmasin. Apakah PTK yang dijadikan buku bisa bisa dari 2 orang guru yang bersama-sama saat mlakukan PTK? Saat lihat di panduan itu PTK sepertinya hanya sbagai pelengkap dalam Buku (sbg contoh saja). Apakah demikian? Trimakasih

Boleh dua orang. Kan buku beda lagi nilainya dengan PTK. kita mengembangkan dari isi PTK kita lebih ke versi buku seperti yang saya share filenya. tidak masalah. tetapi kalau dalam pembagian angka kredit yang saya tahu. kalau yang menulis bukunya berdua pastinya dibagi dua untuk PAK.

Amannya 70 halaman. dan isi materi bahasan lebih diperbanyak jangan sesimpel PTK

Assalamualaikum Bu Hati. Senang sekali bisa kenal dengan sosok editor handal yang sudah menyunting beberapa ptk menjadi buku. Pertanyaan saya, Bagaimana cara ibu bisa menjadi editor handal dan bisa membuat tulisan menjadi menarik untuk dibaca? Apalagi dari PTK bisa berubah menjadi buku. keren sekali bu. Sukses terus ya bu. AAM NURHASANAH, LEBAK-BANTEN

Terimakasih, Bu, saya masih belajar hanya membantu guru menerbitkan bukunya. Pastinya untuk mengubah buku menjadi PTK, saya banyak membaca buku best seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku. melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca.

Juga menyediakan bacaan sumber lain. Karena editor juga harus banyak membaca buku sumber relevan. Setiap buku bervariasi tentunya. ada yang sederhana menjadi luarbiasa dari PTK.
tergantung isi kontennPTK yang dibuat guru, dan kliknya ide kita mengembangkan.

Tetapi karena semakin banyak guru yang ingin dibantu mengubah PTK, saat ini saya menyerahkan kepenulis mengubah terlebih dahulu agar belajar juga membuat menjadi buku dari PTKnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. Fatlun Thaib, Dari Gorontalo
Seberapa perlu pra siklus dalam PTK? Boleh saran; selain membuat resume materi apa bisa di bagikan tema tulisan. Agar peserta makin fokus menulis.  Wa'alaikumussalam bu..terkamakasih..

Saat saya menerima Research Grant Seaqis… PTK kita bila satu siklus berhasil gpp.. kata Profesor Penguji PTK saya tahun 2017 kan ada rencana kita persiapkan 2 siklus apabila tidak berhasil. Dan PTK fokus ke inti permasalahan, misalkan tentang ke karakter, atau misal ke pemahaman. jangan banyak indikator .. misal meningkatkan ketermpilan dan hasil belajar… tapi fokus ke salah satu, ke keterampilan.dan diperjelas dalam tindakan juga refleksi. No 2 saya kurang paham.

Perkenalkan Supyanto dari kota Bekasi group 8. Mohon penjelasan bagian2 mana saja dari batang tubuh ptk yang dibuang, dan bagian mana pula yang perlu tambah dari ptk supaya memenuhi syarat menjadi sebuah buku?

Terimakasih pak Supyanto, salam kenal juga. yang dibuang yang bagian misalnya Pendahuluan..bagian kata kata PTKnya… Bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. misalkan judul implementasi Media stearofom pembelajaran Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas. Kita kembangkan tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis), Pembelajaran (materi tentang belajar mengajar), Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)

Kita upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai pengalaman dan bacaannya yang dia dapat.

semakin literatnya penulis akan semakin oke buku yang dia tulis.

Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis.

trik-mengubah-ptk-1Unduh
Assalamualaikum selamat malam Bu Hati,,saya Noralia dari Semarang.

Dari outline kedua versi buku PTK yang saya tangkap, apakah benar jika versi buku PTK itu lebih ditekankan pembahasan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitiannya, Bu? Data2 dan grafik yang didapat ketika penelitian apakah ikut dimasukkan ke dalam versi buku? Apakah hasil penelitian R&D bisa juga dijadikan sebuah buku ibu? Mohon penjelasannya . terimakasih

Terimakasih bu Noralia dari kel 8.

Versi buku ke 2 itu PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku. tapi diberi materi tentang PTK. seperti yang saya contohkan. Itu pernah ditulis oleh Om Jay dan saya juga. Data grafik boleh dimasukkan.. Itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah bu. R&D juga bisa banget, yang tadi dikembangkan itu Bu.

Assalamualaikum. Bu Hati saya Santi Jayapura.  Mau bertanya, 1.Untuk PTK yang dijadikan buku, itu satu PTK saja atau harus kumpulan PTK? 2. Apakah satu best Praktice juga bisa dijadikan buku? 3. Untuk dibuat jadi buku apakah harus diseminarkan? Sekarang sudah pembelajaran K 13,  saya punya PTK tapi tahun sebelum K13 dan perrnah jadi juara di even My Teacher My Hero. Apakah boleh dibuat buku? Terimakasih.  Wa'alaikumussalam bu Santi:

1.kalau mau membuat versi penulisan 1 cara saya satu PTK saja. Kalau mau versi dua bisa beri contoh PTK satu atau lebih. Banyaknjuga yang menulis Kumpulan PTK. Biasanya saya menuliskan pembuka dan isi materi sepintas tentang PTK.
2. Satu best bisa jadi buku. Sangat bisa dan dikembangkan oleh penulis juga. Tidak usah diseminarkan tidak apa apa . Bisa banget. Terimakasih, Bu.

Assalamualaikum
Saya Eka Lisdianty dari SMAN 1 Kawali Ciamis. Izin bertanya, 1. Bu, kan dalam PTK itu ada 3 siklus ya..bagaimana jika di siklus akhir hasilnya mengalami penurunan? Apakah PTK-nya harus diulang atau itu juga bisa disebut dengan PTK? 2. Apa kah ada yang salah dalam penentuan variabelnya apabila terjadi hal demikian? Terimakasih.

Wa'alaikumussalam. terimakasih Bu, Eka: Kalau siklus dua meningkat sudah saja, kalau siklus akhir menurun lakukan refleksi dan tindakan lagi, Bu. Variabelnya jangan terlalu banyak. BFsa aja kita tidak berhasil karena tidak fokus menilai setiap indikator dari variabel itu. fokus satu variabel dan mendalam pembahasannya, Bu. Itulah namanya PTK. Maaf, PTK saya yang dishare itu banyak variabel. Hanya contoh penyusunan saja. Itu penelitian dulu, 2014

Om Swastyastu, Bu. Saya, Mahayu dari Bali. Saya meminta saran, bagaimana caranya agar kita menerapkan suatu teori yang akan kita jadikan PTK menjadi efektif? Karena karakter belajar dan psikologi siswa dalam satu kelas sangat beragam? Terima kasih

Terimakasih. Salam, Bu Mahayu.. Agar efektif pastinya sesuai dengan tindakan yang akan kita lakukan. Jangan meluas, Bu. sesuainkata kunci judul PTK kita. .Karena kalau kita bahas mendalam materi itu malah meluas juga. Jadi teori fokus ke kata kunci PTK kita. Ibu cari bahasannya mau berkarakter apa ke psikologi? Salah satu saja, Bu

Assalamu 'alaikum, Bu Hati, Saya Wiji (gelombang 8) - Malang. Menarik sekali membuat PTK menjadi buku. Selama ini saya hanya berfikir hasil PTK dijadikan artikel jurnal. Pertanyaan saya, di bagian buku yang manakah hasil2 penelitian ditulis (dimunculkan)? Terima kasih

wa'alaikumussalam.. terimakasih Bu Wiji.. Bagian yang diberikan tindakan, atau kata kunci PTK ibu.

Muh. Said. Makassar. Pertanyaan : Dalam penilaian Dupak sering PTK tidak dapat nilai dari Tim penilai. Dari pengalaman ibu apa kira- kira kekurangannya, sebzah (sebab?) PTK ? Jelaskan perbedaan PTK dengan Best Practice ! Terimakasih pak Said

(Sebzah itu apa…) PTK kalau buku harus berbeda dari buku, kalau PTK mungkin ikuti sesuai peraturan di daerahnya masing- masing sebelum membuat PTK, kalau buat naik pangkat. PTK dan best pract sangat berbeda. PTK ada alur penelitian serangkaian observasi-rencana-tindakan-refleksi- juga bersiklus bila siklus satu tidak berhasil. Best pract pengalaman terbaik di kelas dengan sistematika tertentu yang lebih simpel. Laporan PTK dapat dijadikan best Practice, namun laporan best Pract tidak dapat dijadikan PTK. Itu menurut saya

Selamat malam, ibu Hati. PTK yang telah dibuat, ketika akan dibuat jadi buku, apakah dilakukan daur ulang pada kalimat-kalimat yang digunakan atau hanya dipermak pada sejumlah bagian? Kira-kira caranya seperti apa mengolah kalimat PTK menjadi kalimat buku? Tks. Yulius Roma_Tana Toraja_Gel.8.

Terimakasih, Pak Yulius. Bebas terserah penulis, pokoknya harus beda dengan PTK yang kita ajukan buat PTK.. hehe.  Dari susunan. Mau lengkap atau tidak lengkap, bisa ikuti cara yang saya share bentuk PDF. Minimal 70 halaman kertas a5 untuk menjadi buku.

Mengolah kalimat PTK..jangan ada kata kata laporan PTK dati pengantar atau di pembuka pada pengolahn kalimat PTK..Jangan ada kata kata laporan PTK dari pengantar atau di pembuka pada buku.

Itu saja beberapa pertanyaan yang disampaikan pada resume ini. Biasanya ada banyak peertanyaan yang tidak/ belum bisa dijawab pada jam yang ditentukan. Mungkin dijawab pada waktu lainnya. Semoga resume ini menambah kuatnya pemahaman yang sudah disampaikan.***

25 komentar:

  1. Saya diajarkan buat resume yang Bagus pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama belajar, Bu. Silakan baca semua resumue teman-teman kita, tinggal kita sesuaikan dengan keinginan kita. Terima aksih, sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Subhanallah..mantul bu hati... Saya belum buat tugas resume hari kedua... Semoga saya bisa....

    BalasHapus
  3. Siipp..mntpp sekali..selera maknyooss

    BalasHapus
  4. Hebat dan suntikan semangat untuk kita.

    BalasHapus
  5. mantabbb bangittss resume nya bu...keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiih, malu saya, padahal biasa aja.
      Tapi panggil Bapak aja, ya.

      Hapus

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Pak Bup Akan Maju Jadi Wagub?

SALAH satu media online menyiarkan berita, Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si menyatakan dirinya siap mendampingi H. Ansar Ahm...