Jumat, 10 Juli 2020

Memahami Strategi Pemasaran Buku di Masa Pendemi Covid-19 Bersama Pak Agus

Resume Kuliah On Line: BELAJAR MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU
 #Kelas Menulis Bersama PGRI, IGTK dan Penerbit Andi
Waktu         : Jumat (10/07/2020) Pukul 19.00 - 21.00
Narasumber: Agus Subardana, SE, MM, CDS
Materi         : "Pemasaran Buku di Masa Pendemi Covid-19"

PADA malam ini, Jumat (10/07/2020) Kuliah Online Bersama PGRI, IGTK dan Penerbit Andi kembali dilanjutkan. Malam ini materi
perkulaiahannya adalah, "Pemasaran Buku di Masa Pendemi Covid-19" dengan narasumbernya Bapak Agus Subardana, SE, MM, CDS . Moderator adalah Aam Nurhasanah.


Kuliah diawali dengan pengantar oleh Om Jay. Selanjutnya moderator, Ibu Aam Nurhasanah. Bu Aam seterusnya mempersilakan Pak Agus untuk memulai memberikan materi perkuliahan. Kata Bu Aam, Assalamualaikum. Selaamt malam semuanya. Malam ini kita akan mendapatkan pencerahan ttg strategi pemasaran buku. Kepada pak @Agus Dana Kami persilahkan menyampaikan materinya. 

Assalamualaikum wr. wb.. Salam sejahtera.. Selamat Malam Semuanya.... Perkenalkan saya....Ijinkan saya untuk memaparkan materiu mengenai Pemasaran Buku di Saat Pandemi Covid-19.


Pak Agus menerangkan bagaimana dampak pendemi covid-19 dalam penjualan buku. Dari pemasaran buku dapat dijelaskan bahwa selama covid-19 toko buku ditutup selama empat bulan ini. Penurunan omset sampai 70-80 persen. Banyak penerbit yang gulung tikar dan bangkrut.Yang kedua, banyak orang yang takut datang ke toko buku atau mall yang di dalamnya ada toko buku. Ada beberapa hal dijelaskan Pak Agus, antara lain.
1) Jaringan Toko Buku banyak yang tutup selama covid-19 ini;
2) Kebanyak orang takut untuk datang ke Toko Buku/ Mall-mall yang ada penjualan buku;
3) Penurunan omset Toko Buku antara 70-80 persen;
4) Banyak Penerbit yang memberhentikan distribusinya ke Toko Buku;
5) Beberapa penerbit bahkan bangrut dan gulung tikar.

Dari data tersebut dapat dilihat betapa besarnya penurunan pengunjung ke toko buku. Turun di bulan tertentu. Dengan menghadapi pandemi, toko buku harus mengubah strategi, yaitu pentingnya eradigital, pandemi covid-19 telah mengubah

Dengan menghadapi pandemi maka penerbit perlu melakukan transformasi digital. Daampak dari pendemi covid-19 telah mengubah dunia  menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, dst...(baca baner)

Penerbit juga harus menggunakan sistem Digital marketing yang di dalamnya terkandung beberapa komponen seperti branding, social media, content marketing, dst... (silakan dibaca sket itu).


Ada banyak manfaat Digital Marketing, seperti biaya lebih relatif terjangkau atau murah; daya jangkau sangat luas; mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori, dst... (silakan membaca baner).

Tentang potensi Buku Sekolah dengan adanya pandemi adalah dengan adanya kebijakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Setiap sekolah dapat menggunakan seperti tercantum pada baner, misalnya untuk pengembangan perpustakaan sekolah; kegiatan penerimaan siswa baru, dst.
Penerbit Andi juga melayani pembelian buku melalui Siplah yaitu melalui markateplace dan blibli. Penerbit Andi menyesuaikan dengan ketentuan sekolah (Pemerintah) yaitu dengan menggunakan aplikasi Siplah. Penerbit Andi juga menyediakan buku-buku yang diperkukan sekolah sesuai kurikulum.



Di akhir perkuliahan, Bu Aam mengingatkan untuk yang mau bertanya, silahkan WA saya ke 085710996088 dengan format nama, alamat, gelombang, pertanyaan, katanya. Terimakasih. Dia sendiri memulai bertanya, Perkenalkan nama saya ibu Aam Nurhasanah. Bertugas sebagai moderator malam ini. Jika bapak ibubmau bertanya silahkan japri ke 085710996088. dengan format nama, alamat, gelombang dan pertanyaan.  Terimakasih. Baik pak. Mantap sekali ilmunya. Kita lanjut sesi pertanyaan.

Endang Rima Widyaningsih, SD TERPENCIL BUKIT INDAH. Ijin bertanya: Bagaimana pendapat bapak Agus Dana selaku Direktur Pemasaran Penerbit ternama tentang tren buku dengan bentuk Softcopy dalam hal ini tentang kelegalannya

Sambil menunggu pertanyaan masuk, perkenankan saya bertanya dahulu. Bagaimana sistem pembelanjaan buku paket melalui Siplah. Apakah bisa buku di bayar setelah bukunya sampai ke sekolah???? Saya kebetulan kepala sekolah SMP yang sedang mencari buku ajar di siplah pak. Terimakasih
Untuk pembelian belanja buku paket di siplah, disediakan marketplaace atau blibli setelah dimasukkan akun BAST (Berita Acara Serah Terima) Intinya kalau buku sudah sampai baru dibayar.


https://youtu.be/LVCWSP0gHbk
Ini panduannya bu...
Terimakasih pak infonya sangat membantu..

Assalamualaikum wr.wb. Andy Muhtadin Beltim-Babel. Pertanyaannya:
Bagaimana cara kita bekerja sama dalam memasarkan buku kami sebagai penulis dg pihak penerbit marketing dalam memasarkan buku karya solo, karya bersama. Atas jawabannya terima kasih.

Silahkan dijawab, Pak.
Cara bekerja sama, antara penulis dengan penerbit dengan mengadakan kerjasama. Bisa dengan bedah buku atau webinar. Dengan itu penulis dapat menerima royalti. Bisa juga dengan memberikan rabat antara 30-40 persen. Itu artinya sudah bisa mendaoatkan royalti juga.

Mhn maaf, ijin bertnya. Sblmnya perkenalkan saya, Sunaryo, dri Berau, Gelb.11. Pertanyaan:
1.Apa peran yg diharapkan oleh penerbit (terutama bag.pemasaran) terhdp penulis utk ikut andil dlm menghadapi kondisi pemasaran buku saat ini akibat covid 19 ?
2.Apa harapany dg peran para guru dg kondisi saat ini spy pemasaran buku bs sgr pulih ?
Pertanyaan lanjutan
3.Adakah stimulus dri penerbit yg ditujukan kpd para penulis & guru spy bs ikut andil memulihkan kondisi pemsran buku mnjdi lbh baik lg ? Klo ada, wujudnya sprti apa ? Terimakasih.

Silahkan di jawab pak.
Peran yang dilakukan oleh penulis adalah penulis bisa berkolaborasi dengan penerbit, misalnya dengan atau di Media sosial. Penerbit tidak bisa sendiri juga. Penulis bisa berandil dengan ikut mempromosikan bukunya. Harapan dengan peran guru, agar guru dapat membangkitkan semangat membaca kepada peserta didiknya. Termotivasi agar membaca. Dengan suka membaca berarti memotivasi untuk membeli buku. Dengan membaca bisa menambah pengetahuan. Jadi sangat besar peran guru itu. Ketiga, stimulus yang diberikan kepada guru adalah biasanya memberikan 1) ada rabat/ diskoun kepada penulis/ guru supaya dengan adanya stimulus itu, dari hasil  penjualan akan meningkakan income kepada guru/ penulis. 2) bisa doorprize berupa buku sebagai sampel contoh untuk penawaran kepada komunitas.

Izin bertanya: Ai S Dewi SMPN1 Cibogo, Pak bagaimana  caranya agar buku kita masuk di akun siplah dan apa syarat-syaratnya. Terima kasih
Sebenarnya untuk masuk ke akun Siplah harus ada surat atau SK lolos penilaian dari dari Pusbuk. Siplah dari Kemdikbud. baru masuk ke website Siplah. Intinya, 1) Buku tsb harus lolos dari Perkusbuk, 2) ada SK dari pihak Purkusbuk, kalau sudah msuk baru bisa masuk ke marketplace atau blibli.

Baik pak.  Silahkan lanjut kesimpulan saja. Karena pertanyaan sampai sekarang belum ada yang masuk.
Karena kita sudah di ujung acara. Sebentar lagi pukul 21.00 WIB
Baik pak.  Silahkan lanjut kesimpulan saja. Karena pertanyaan sampai sekarang belum ada yang masuk.

https://literasikangagus.blogspot.com/2020/05/strategi-pemasaran-di-dunia-perbukuan.html
Ini adalah strategi Pemasaran buku,  yang pernah saya sampaikan pada awal Maret 2020... Dapat sebagai referensi juga.... Mantap sekali pak. Adakah kalimat penyemangat yang ingin bapak sampaikan? karena di grup ini sangat banyak penulis yang ingin menerbitkan buku, termasuk saya sendiri..

Alhamdulillah... terimakasih banyak pencerahannya Pak Agus... trimaksih juga buat Om Jay, Mr Bams, Bu Aam & Bu Fat serta Pak Brian atas pendamping nya slm ini.. Tetima kadih ilmunya Pak Agus.

Sebagai pemotivasi, ingatlah bahwa semua harus ditulis. Apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis , dan tulis. Suatu saat pasti berguna...kami siap membantu.... Dalam memasarkan buku.

Woww mantap sekali pak. Saya jadi semakin semangatt. Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan malam ini. Baiklah, pertemuan malam ini sudah berakhir. Terimakasih Omjay sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi moderator.  Terimakasih pada semua peserta hebat yang sudah mengikuti kuliah ini dari awal hingga akhir. Saya izin pamit karena masih ada kegiatan microsoft office 365. Semoga kita bisa menerbitkan buku secara sukses berjamaah bersama bapak ibu yang ada di grup menulis ini. Aminn.

Alhandulillah, terima kasih Pa Agus atas ilmu dan wawasannya, terima kasih juga Om Jay atas kesempatannya. Mantap sudah pada jadi resumenya. Kerennnn.***



16 komentar:

  1. Super sekali komplit

    https://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/07/transformasi-digital-dalam-dunia.html?m=1

    BalasHapus
  2. Ini namanya gercep. Gerak cepat. Mantap dan lengkap lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, Bu Nuraini, bisa aja. Terima aksih, Bu.

      Hapus
  3. Alhamdulillah lebih mantap..lengkap lagi... Semangat terus.mampir juga ya di aisah1969.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Bu Siti Aisah. Insyaallah akan mampir.

      Hapus

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Pak Bup Akan Maju Jadi Wagub?

SALAH satu media online menyiarkan berita, Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S Sos M Si menyatakan dirinya siap mendampingi H. Ansar Ahm...