Senin, 22 Juni 2020

Ayo, Kita Belajar 'Personal Branding dan Blog' dari Pak Agus Sampurno


KULIAH Online Bersama PGRI, IGTK dan Penerbit Andi
Waktu           : Senin, 22-06-2020: 19.00-21.00
Narasumber  : Agus Sampurno
Materi          : Personal Branding dan Blog

HARI Senin (22/06/2020) malam, ini Kuliah Online Bersama PGRI, IGTK dan Penerbit Andi kembali dilanjutkan. Malam ini materi dasarnya
sama dengan sebelumnya-sebelumnya, "Belajar Menulis dan Menerbitkan Buku" dengan sub materi, "Personal Branding dan Bliog." Dan malam ini Kuliah Online bersama narasumber, Pak Agus Sampurno. Sementara moderator adalah Ibu Fatimah.

Setelah menyampaikan salam, "Selamat Malam Bapak Ibu, Bapak, " narasumber mengajak perserta untuk terlebih dahulu mengisi survey berupa quiz. "Mohon kesediaannya untuk mengisi Survey mengenai blog dan personal branding," kata Pak Agus melalui chatting WA. Adapun link quiz yang dikirimkan adalah www.joinmyquiz.com dengan memasukkan kode 7109353. Katanya lagi, "Mohon mengisi list berikut bagi yang sudah mengisi, terima kasih."

Setelah mengisi survey berupa quiz, kami diminta untuk membuat karangan singkat dari beberapa topik yang disampaikan. Topik-topik itu adalah,
Silahkan buat tulisan di blog, dengan jumlah karakter 150-300.
Pilihan judul:
A. 3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
B. 3 cara guru tetap optimis di masa new normal
C. 3 Salah paham guru mengenai kegiatan penelitian.
D. 3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
E. 3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
F. 3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
G. 3 resep sukses guru yang pendiam dalam mengelola kelas

Saya memilih judul pertama (A).

Tiga Hal Manfaat dari Kegiatan di Grup Belajar Menulis
KEIKUTSERTAAN dalam Grup Belajar Menulis pasti banyak manfaatnya. Sebagai kelompok yang mengkhususkan untuk belajar menulis, maka segala hal yang berkaitan dengan menulis akan ditemukan di sini.
Tentu saja banyak manfaat yang dapat dipetik dari Grup Belajar Menulis. Untuk menyebutkan beberapa saja, misalnya:

1. Membina Konsistensi Menulis.
Tidak mudah istiqomah (konsisten) dalam menulis. Selalu ada kendala. Untuk melahirkan sebuah tulisan pendek pun secara rutin pada saat-saat tertentu bisa membuat kepala pusing. Serasa tidak ad aide apapun, misalnya. Tapi dengan keikutsertaan dalam grup belajar menulis, akan selalu ad aide lain dari orang lain yang satu grup untuk menjadi bahan tulisan. Jika bukanide kita, mungkin ide orang lain. Dan itu bisa menjadi bahan tulisan.

2. Memperbaharui Ilmu Kepenulisan.
Kata orang-orang hebat, itu tidak ada yang abadi di dunia ini. Yang abadi justeru perubahan itu sendiri. Begitu pula dengan ilmu, khususnya ilmu kepenulisan. Selalu akan berubah dan berkembang. Dengan ikut Grup Belajar Menulis, tentu saja akan selalu ada ilmu-ilmu baru atau pembaharuan yang lama dalam hal menulis.

3. Sebagai Sumber Bacaan.
Menulis adalah mengulang atau memberikan bentuk lain dari apa yang dibaca. Jadi, membaca dan menulis dua hal yang mustahil dapat dipisahkan. Begitulah dalam menghasilkan karya. Maksudnya karya tulis. Membaca dan menulis wajib sejalan. Bagaikan dua sisi mata uang, hasilkarya itu adalah bersatunya membaca dan menulis. Itu berarti, jika ingin menulis maka tidak boleh jauh dari membaca. Membaca itu menjadi wajib. Nah, dengan ikut grup Belajar Menulis, tentu saja bahan bacaan akan selalu ada.

Narasumner juga memberikan semangat menulis dengan mengatakan bahwa peserta Kuliah Online ini dapat juga membuat judul lain. Katanya, "Nah, Anda juga bisa membuat judul sendiri, ya. Dengan menggunakan kata (pilih Salah satu),
1. Resep sukses
2. Cara mudah
3. Tips
4. Manfaat
Saya malah terlanjur menambahkan, Ayo, Kita Belajar. Semoga contoh yang saya buat ini tidak jauh melenceng dari yang diminta narasumber.

Dan di bagian akhir, narasumber kita membuat kesimpulan. Katanya, "Ijin kan saya memberikan kesimpulan. Dalam menulis aspek judul mesti diutamakan. Judul membuat orang tertarik sekaligus penasaran. Judul juga bisa membuat Anda punya personal branding."

Kesimpulan dari Pak Agus Sampurno,
1. Judul membuat orang tertarik sekaligus penasaran;
2. Hal yg penting anda mesti ngotot belajar hal yg anda suka;
3. Anda tdk perlu ahli;
4. Personal branding adalah aspek dimana anda dikenal karena hal.yang menjadi fokus Anda;

Bagilah hasil belajar Anda dengan pembaca lewat tulisan anda di blog. Ingatlah, mengapa saya menggunakan kata kata tsb? Karena secara manusiawi Anda akan tertarik dengan kata, Resep; Manfaat; dan Baru.Dengan demikian tulisan kita nyata manfaatnya walaupun singkat."

Demikianlah dia mengakhiri penyampaian materi Kuliah Online malam ini.
Selanjutnya moderator, "Terima kasih pa Agus, Terima kasih bu Fatimah. Sejenak mari kita berdoa untuk kesembuhan Om Jay yang saat ini sedang sakit. Berdoa mulai.... Berdoa selesai. Semoga Om Jay sehat kembali." Doa dipimpin oleh moderator.

Berikut adalah tulisan Om Jay yang menceritakan kronologis sakitnya.
"Tiba tiba saya terjatuh. Mata saya tiba tiba gelap. Tangan sebelah kiri tidak bisa digerakkan. Saya terjatuh dari kursi duduk. Untunglah ada bu sijo yang secara sigap memegang tubuh saya. Saya jatuh telentang. Tak bisa bersuara. Tiba tiba semuanya gelap dalam sekejap.

Saya terbangun ketika petugas poliklinik datang. Langsung diperiksa tensinya. Ternyata tinggi. Gula darah juga tinggi. Mungkin itu salah satu pemicunya.

Sekarang sudah agak enakan. Cuma belum minum obat. Saya minta teman guru menelpon isteri untuk menjemput ke sekolah. Saya merasa tidak mampu membawa mobil. Kepala ini masih terasa berat. Mohon doanya kembali sehat.
Salam blogger persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com"






2 komentar:

Beri Komentar

Postingan Terbaru

MUI Laksanakan Lomba Pidato Antar SLTA

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karimun melalui Komisi Pendidikan dan Kaderisasi, Kamis (10/10/2024) melaksanakan kegiatan Lomba Pid...