Selasa, 15 Januari 2013

TO dan UN 20 Paket

TRAY OUT (TO) Ujian Nasional (UN) SMA Negeri 3 Karimun hari ini (Selasa, 15/01/13) sudah dimulai. TO UN ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana persiapan siswa/ wi kelas 3 (kelas XII) menghadapi UN tahun ini. UN sendiri baru akan dilaksanakan pada bulan April 2013 nanti.

Pentingnya melihat kesiapan peserta didik tahun terakhir SMA Negeri 3 Karimun ini sekaligus untuk melihat juga keberhasilan guru kelas XII yang memberikan pembelajaran tambahan (trobosan) sejak bulan Oktober tahun lalu. Artinya, hasil trobosan tiga bulan itu akan terlihat dari hasil TO ini nanti. Ini penting sekaligus untuk bahan evaluasi oleh guru kelas XII itu.

Sekolah memang sudah berketetapan untuk tetap memberikan pembelajaran tambahan bagi siswa/ wi kelas 3 sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Sekolah juga meminta orang tua siswa untuk memberikan bantuan pelaksanaan trobosan yang akan berlangsung hingga awal April nanti. Setiap orang tua memberikan sumbangan biaya Rp 200-an ribu untuk pembelajaran tambahan yang hampir setengah tahun itu. Kegiatan trobosannya dilaksanakan setiap hari setelah proses belajar reguler usai. Trobosan juga hanya untuk enam mata pelajaran yang akan di-UN-kan saja. Dalam pelaksanaannya, setiap guru diberi uang transport dan uang makan siang setiap kali guru memberikan trobosan. Trobosannya dilaksanakan dari pukul 14.30 hingga pukul 16.00.

Trobosan tahun ini sesungguhnya mempunyai makna yang khusus mengingat UN tahun 2012/ 2013 ini akan menggunakan soal dengan variasi soal sebanyak 20 paket untuk setiap ruang. Artinya untuk setiap siswa akan memakai soal UN yang berbeda dengan teman-teman lainnya dalam satu ruang. Tidak ada soal yang sama dalam setiap ruang ujian. Tahun lalu masih menggunakan lima paket saja. Artinya masih ada beberapa siswa yang menggunakan soal yang sama antara satu dengan lainnya. Tapi tahun semua soal dalam satu ruang akan berbeda. Tentu tidak ada jalan lagi bagi siswa untuk saling berbagi jawaban.

Dengan paket sebanyak peserta ujian dalam setiap ruang, maka TO ini dipandang sangat penting bagi siswa untuk belajar menjawab soal-soal UN dengan ekstra hati-hati. Soal yang dipakai pun, sengaja menggunakan soal yang persis sama dengan soal UN. Dengan begitu diharapkan siswa mengikutinya dengan baik dan bersungguh-sungguh. Kepada para pengawas pun diingatkan untuk tidak membiarkan peserta TO untuk saling melihat temannya dalam menjawab soal ujian. Selamat mengikuti TO semoga sukses, amin.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan

Halaman