Minggu, 31 Maret 2024

Safro Tak Sanggup Melanjutkan

SUDAH tinggal di sudut bulan barulah malam ini Safro menyatakan tidak sanggup. Ini malam ke-20 Ramadhan tahun ini. Tinggal 9 atau 10 hari saja lagi. Mengapa pula malam ini dia tidak bisa melanjutkan? Tekno, teman Safro heran saja, tiba-tiba Safro berubah. Seperti kehilangan semangat. "Jadi juga keluar? Baru berapa salam saja?" Tekno akhirnya bertanya juga mengapa Safro ingin keluar setelah salam ini.

Di bawah atap parkir masjid Safro terduduk. Tampak lesu. Anak-anak yang lalu-lalang keluar-masuk masjid karena tidak tarwih membuat Safro salah tingkah. Dia merasa diperhatikan anak-anak seumur Sekolah Dasar itu. Kenapa anak-anak tidak salat? Safro bertanya di dalam hatinya melihat anak-anak yang ramai di sekitar parkiran. "Hai, kalian tidak tarwih ha? Ayo, masuk. Apa kata Pak Ustaz tadi? Kan pahala semakin besar, jangan tak salat." Safro setengah hati menyuruh anak-anak masuk kembali ke masjid. Dia merasa bersalah karena juga tidak shalat.

Akhirnya Safro memutuskan meninggalkan masjid. Distartnya vario orang tuanya. Dia berangusr meninggalkan pekarangan masjid. Tapi aku mau kemana? Mau balik? Pasti ditanya bini aku. aku jawab apa? Ini mungkin masih jam belum siap salat tarwih. Waduh, mati aku. Safro berbicara sendiri di hatinya. Dia tidak dapat melanjutkan. Sudah tak tuntas tarwih, mustahil aku sampai ke rumah sekarang. Akhirnya Safro melanjutkan motornya entah kemana. Dia tidak dapat melanjutkan.  Tak dapat melanjutkan salat tarwih dengan alasan penat, tapi mampu juga melanjutkan kembali ke rumah. ***

Tbk, 30032024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...