Rabu, 30 September 2020

Sagu Sabu Sata, Bisakah?

SATU lagi jargon baru, SaguSabuSata. Satu frase dalam tiga kata. Jika selama ini anggota MGI (Media Guru Indonesia) sudah sangat familiar dengan frase Sagu Sabu, singkatan Satu Guru Satu Buku, kini frase itu bertunas satu kata lagi menjadi Sagu Sabu Sata, singkatan Satu Guru Satu Buku Satu Tahun. Untuk singkatan terakhir, ini pasti baru bagi penduduk Madangkara MGI. 

Jargon ini diucapkan langsung oleh CEO MGI, Pak Muhammad Ihsan saat membuka webinar Sagu Sabu Media Guru IIBF yang dihelat oleh Ikapi (Ikatan Penerbit Indonesia) bekerja sama dengan Media Guru, Selasa (29/09/2020) sore bersempena acara Pameran Buku Internasional Indonesia (IIBF) itu. MGI sendiri, seperti dijelaskan Pak CEO mendapat enam porsi kegiatan webinar selama kegiatan pameran yang karena pandemi covid, ini harus terlaksana secara daring. Webinar dengan tema Sagu Sabu Media Guru ini adalah webinar hari pertama bagi MGI, meskipun kegiatan IIBF-nya sudah hari kedua setelah dibuka hari Senin, satu hari sebelumnya.

Jargon Satu Guru Satu Buku Satu Tahun, itulah yang menurut saya perlu digarisbawahi. Makna dan penegasan yang ingin disampaikan pimpinan MGI, itu adalah bahwa setiap guru harus punya satu buku seperti selama ini wajib ditingkatkan menjadi setiap tahun. Artinya, setiap satu guru hendaklah menulis buku dalam setiap tahunnya minimal satu buku. Jika tadinya tidak dipatok dalam masa tahunan, kini oleh Pak Ihsan diajak untuk meinimal per tahunnya. Bisakah?

Tentu saja sangat bisa. Bukti-bukti saat ini sudah begitu banyak para guru yang rutin membuat buku dalam hitungan waktu yang sangat pendek. Jangan satu tahun, ternyata ada para guru yang menghuni rumah MGI ini menerbitkan buku  hampir setiap bulannya. Atau kurang dari satu bulan. Ini terbukti, ada teman-teman guru yang dalam satu tahun mampu menerbitkan lebih dari 12 (dua belas) judul buku. Bukankah itu rata-rata satu bulan lahir satu buku?

Catatan yang sudah sering disampaikan oleh Pak CEO bahwa Media Guru tercatat saat ini sebagai penerbit yang paling banyak menerbitkan buku dengan angka 10 ribuan, itu adalah kontribusi guru-guru yang aktif menulis buku itu. Tantangan demi tantangan yang ditawarkan MGI mampu dilalui oleh para guru, itu juga bukti bahwa guru memang mampu menulis buku secara rutin. Jika untuk tantangan 30 hari bisa dihitung satu buku (30 tulisan) maka mudah menyimpulkan bahwa setiap bulan atau setiap dua bulan ada sejumlah tulisan yang akan menjadi buku. Maka satu tahun satu buku, bukanlah satu hal mustahal eh mustahil.

Tentang jadwal webinar MGI bersempena IIBF, seperti diumumkan Pak CEO di FB MGI adalah sbb:

Jadwal Webinar MGI Bersempena IIBF
1. Webinar Satu Guru Satu Buku (Sagusabu)
Narasumber: Mohammad Ihsan, CEO MediaGuru dan Gurusiana
Selasa, 29 September 2020, pukul 15.30 - 17.00 WIB
Daftar online: 
http://iibf-sagusabu.mediaguru.id
2. Webinar Mengubah Karya Tulis Ilmiah (KTI) Menjadi Buku
Narasumber: Istiqomah, S.Pd., M.Pd., Editor Senior MediaGuru
Rabu, 30 September 2020, pukul 15.30 - 17.00 WIB
Daftar online: 
http://iibf-kti.mediaguru.id
3. Webinar Menulis Artikel Ilmiah Populer
Narasumber: Eko Prasetyo, Pemred MediaGuru, penulis 86 judul buku
Kamis, 1 Oktober 2020, pukul 15.30 - 17.00 WIB
Daftar online: http://iibf-artikelpopuler.mediaguru.id
4. Webinar Ayo Mendongeng
Narasumber: Wiwik Puspitasari, Ketua Umum Ikatan Pendidik Penulis Sumatera Utara (IPPSU), Instruktur Nasional MediaGuru
Jumat, 2 Oktober 2020, pukul 15.30 - 17.00 WIB
Daftar online: http://iibf-ayomendongeng.mediaguru.id
5. Webinar Satu Siswa Satu Buku (Sasisabu)
Narasumber:
- Kak Aprilia Susanti, Instruktur Nasional MediaGuru
- Kak Syaiful Rahman, Instruktur Nasional MediaGuru
Bintang tamu:
Para penulis cilik MediaGuru
Sabtu, 3 Oktober 2020, pukul 09.00 - 10.30 WIB
Daftar online: http://iibf-sasisabu.mediaguru.id
6. Temu Nasional Guru Penulis (TNGP) 2020
Narasumber:
- Mohammad Ihsan, CEO MediaGuru dan Gurusiana
- Eko Prasetyo, Pemred MediaGuru
- Para penulis MediaGuru se-Indonesia
Ahad, 4 Oktober 2020, Pukul 09.00 - 11.00 WIB
Daftar online: http://iibf-tngp.mediaguru.id ***

Dipsting juga di www.mrasyidnur.gurusiana.id

2 komentar:

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...