Selasa, 25 Februari 2014

Baznas, Kurangilah Masyarakat Miskin

"SEJATINYA BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Karimun harus mengurangi jumlah masyarakat miskin di kabupaten ini." Itu salah satu pesan Wabup (Wakil Bupati) Karimun, H. Aunur Rafiq, siang Senin (24/ 02/ 14) ketika meresmikan penggunaan gedung baru, kantor BAZNAS Kabupaten Karimun. Di hadapan Ketua Baznas Karimun, H. Atan AS, Kakankemenag Karimun, H. Afrizal dan para undangan lainnya, Aunur Rafiq dalam sambutannya memberikan beberapa pesan dan harapan kepada pengurus BAZNAS Kabupaten Karimun.

Pemerintah Daerah berkepentingan sekaligus berkewajiban meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Pemerintah selalu dan akan selalu membuat program pengentasan kemiskinan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu,semua pihak hendaklah saling bahu-membahu menyukseskan program ini. Dan BAZNAS berkesempatan membuktikan jati dirinya dalam rangka mengurangi angka kemiskinan ini. Begitu inti sambutan orang nomor dua di Kabupaten Karimun itu.

Benar apa yang disampaikan Pak Rafiq. Dan BAZNAS selama ini memang sudah melakukannya. Dari sekian ratus juta uang dari para muzakki kabupaten, tidak semua uang itu berupa zakat. Ada juga dana berupa sedekah dan inafaq. Jika uang zakat sudah diperuntukkan untuk delapan asnab yang sudah ditentukan maka uang yang terakhir ini dapat pula diberikan kepada para masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya. Biarpun tidak terlalu miskin, tapi demi pengembangan usaha (dagang, dll) maka BAZNAS dapat memberi atau menyalurkannya kepada kelompok ini. Harapan selanjutnya, kelak mereka ini dapat pula memberikan sebagian rezeki dari usahanya menjadi zakat atau infak dan sedekah. Dari mustahik diharapkan bisa berubah menjadi muzakki. Begitulah harapannya.

Jika orang miskin dapat dikurangi dengan pemberian zakat ini maka diharapkan jumlah penduduk miskin semakin hari semakin berkurang. Pemerintah harus terus mendorong lembaga ini untuk mengurangi rakyat miskin di daerah ini. Berulang-ulang Pak Wabup mengingatkan ini dalam sambutan peresmiannya siang ini. Tentu saja itu adalah harapan kita semua.

Semoga dengan peresmian gedung baru ini, Baznas Karimun semakin bersemangat melanjutkan program-program yang sudah disusun selama ini. Amiin.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...