Selasa, 18 November 2014

Belum Istirahat Minta Solat

MELAKSANAKAN solat zuhur di sekolah sudah merupakan kelaziman. Bagi sekolah yang jam belajarnya hingga pulang melebihi waktu solat zuhur, warga sekolah akan melaksanakan solat zuhur di sekolah. Alokasi waktu istirahat untuk melaksanakan solat biasanya lebih lama dari pada alokasi waktu istirahat biasa. Sekolah-sekolah yang menerapkan waktu istirahat dua kali sehari --kecuali Jumat-- maka istirahat kedua biasanya disediakan lebih lama dari pada istirahat pertama.

Memperhatikan waktu istirahat kedua yang biasanya disediakan 30 menit, sesungguhnya sudah cukup untuk melaksanakan solat ditambah waktu untuk makan/ minum pada siang itu. Tidak ada alasan siswa atau guru untuk tidak mempunyai waktu melaksanakan solat zuhur di sekolah. Alasan sebagian siswa yang tidak melaksanakan solat zuhur di sekolah karena merasa waktunya pendek, tentu saja tidak dapat diterima. Setiap sekolah sudah menghitung dan menyediakan waktu istirahat siang lebih lama untuk kesempatan melaksanakan solat.

Sayangnya ada indikasi beberapa siswa yang menyalahgunakan waktu solat zuhur untuk meninggalkan kelas lebih cepat dari pada waktu yang sudah ditentukan. Terutama karena waktu solat zuhur saat ini sudah masuk sebelum pukul 12.00 siang, maka dengan alasan untuk melaksanakan solat zuhur beberapa orang siswa meminta izin keluar lebih duluan meskipun bel istirahat belum berbunyi. Alasannya adalah untuk melaksanakan solat, ketika meminta izin keluar kepada guru yang mengajar di kelas.

Lebih jelek lagi, ada pula siswa yang meminta izin keluar 5-10 menit seblum waktu solat masuk. Lalu mereka membunyikan radio atau tape musola sekolah dengan bacaan alquran. Dengan suara mick yang cukup keras tentu saja suara itu akan mengganggu para siswa yang masih mengikuti proses pembelajaran di kelas. Waktu sepuluh menit seharusnya masih bisa dipergunakan untuk melanjutkan proses pembelajaran di ruang kelas.

Sesungguhnya motivasi siswa untuk melaksanakan solat lebih awal itu sangatlah baik. Solat di awal waktu itu tentu saja sangat dianjurkan oleh agama. Tapi jika motivasi siswa untuk permisi meninggalkan kelas hanya sekedar menghindarkan proses pembelajaran, maka tentu saja ini tidak baik. Apala jika ada siswa yang ternyata malah tidak solat sama sekali. Mereka mendahului keluar kelas, benar-benar hanya untuk menghindarkan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Sinyalemen ini pernah disampaikan guru di forum rapat. Artinya mereka minta istirahat sebelum waktu istirahata dengan alasan akan solat, itu hanya tipuan belaka. Na'uzubillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan

Halaman