Selasa, 12 November 2013

Catatan dari Sosialisasi K-13: Tunaikanlah Janji

KETIKA Pak Zulkifli mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Kurikulum adalah 'janji guru kepada siswa' maka kami para peserta Sosialisasi Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Wisma Karimun sedikit terkejut dan heran. Kurikulum adalah janji guru kepada siswa?

Tapi setelah Pak Zulkifli yang bernama lengkap Zulkifli Anas, M Ed itu menjelaskan dengan baik, barulah kami memahaminya. Katanya, jika kita membaca setiap kompetensi yang ada dalam Kurikulum maka kita akan menemukan bahwa pada hakikatnya kurikulum itu adalah janji guru kepada peserta didik. Bacalah misalnya salah satu kompetensi yang menyebutkan bahwa 'pesrta didik mampu memahami dan mengamalkan ajaran agama' misalnya, maka itu artinya sekolah (baca: guru) sudah berjanji akan membuat pesrta didiknya untuk mampu memahami dan mengamalkan ajaran agamanya setelah mengikuti pembelajaran.

Jika guru tidak mampu membuat anak-didik untuk memahami dan mengamalkan ajaran agamanya maka itu berarti kurikulum itu belum terjalan dengan benar. Tidak ada tuntutan lain kepada guru selain membuat peserta didik berkompeten sebagaimana tuntutan yang dinyatakan dalam kurikulum.

Demikianlah Kurikulum 2013 (K13) yang sejak dua hari lalu kembali disosialisasikan kepada para Kepala Sekolah dan beberapa guru sebagai perwakilan setiap sekjolah (SMA/ MA/ SMK) se-Kabupaten Karimun. Diharapkan pada tahun 2014 nanti, pada saat Kabupaten Karimun secara resmi melaksanakan K13 itu, tidak ada ganjalan bagi guru dan Kepala Sekolah.

Maka tunaikanlah janji. Begitu kurang lebih penjelasan Pak Zulkifli kepada peserta sosialisasi K13 jika para guru benar-benar ingin mengimplementasikan K13 di sekolah. Tidak ada jalan lain bagi sekolah selain bertekad untuk membuktikan tuntutan itu. Jika selalu dikatakan bahwa untuk kesuksesan implementasi K13 sangat ditentukan oleh pola pikir guru, itu artinya juga sebagai peringatan bahwa inti kurikulum itu pada dasarnya adalah kesediaan guru untuk menunaikan janjinya. Maka marilah ditunaikan janji itu agar K13 ini sukses dan berhasil dalam implementasinya. Semoga!***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan

Halaman