Rabu, 11 September 2013

Tradisi Apel Pagi

SALAH satu kebiasaan yang terus dikembangkan oleh beberapa sekolah dalam usaha mempertahankan dan meningkatkan disiplin di sekolah adalah melaksanakan apel pagi. Termasuk di SMA Negeri 3 Karimun, tempat saya bertugas, kegiatan apel pagi terus dilaksanakan setiap pagi. Bahkan saat ini, seminggu sekali, para guru juga melaksanakan apel pagi di luar apel Senin Pagi.
Apel pagi dilaksanakan 10-15 menit sebelum proses pembelajaran dimulai di kelas. Seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Karimun ini, apel pagi dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB. Setelah bel dibunyikan dan seluruh siswa berkumpul di halaman upacara, lalu berbaris sesuai kelas masing-masing untuk memulai apel pagi. Apel pagi ini langsung disiapkan oleh salah seorang pengurus Osis.

Guru/ pegawai mengikuti apel
Berbeda dengan apel Senin Pagi yang disebut juga sebagai apel untuk Upacara Bendera, apel pagi yang memang dilaksanakan setiap pagi ini hanya untuk memberikan sedikit motivasi dan atau informasi lain yang perlu diketahui peserta didik secara rutin. Uapdating informasi ini memang penting untuk warga sekolah. Biasanya salah seorang Wakil Kepala Sekolah atau koordinator piket harian atau bahkan Kepala Sekolah langsung yang menyampaikan pesan-pesan informasi dan motivasi tersebut.

Apel pagi bagi peserta didik ini tidak selalu di halaman upacara setiap harinya. Untuk hari-hari Selasa, Kamis terkadang hanya diadakan di depan kelas masing-masing saja. Tentu saja sebagai pembina apel paginya adalah guru Mata Pelajaran yang akan masuk pada jam pertama pagi itu. Seluruh peserta didik berbaris di sepanjang teras di hadapan kelasnya. Biasanya juga pada apel ini  ada pesan-pesan dari guru Mata Pelajaran tersbut.

Selain peserta didik, apel pagi di SMA Negeri 3 Karimun juga diikuti/ dilaksanakan oleh para guru. Hanya saja tidak setiap hari apel pagi bagi para guru. Apel pagi untuk guru hanya dilaksanakan setiap hari Rabu saja. Pelaksanaannya diadakan di halaman upacara. Jadi, guru melaksanakan apel setiap pagi selain hari Senin (upacar bendera) juga pada hari Sabtu (untuk melaksanakan senam pagi).

Sesungguhnya apel pagi dapat meningkatkan disiplin warga sekolah. Di apel pagi baik guru terlebih para siswa akan dapat terus dipantau kedisiplinan masing-masing. Misalnya displin waktu (datang) apakah sudah tepat, akan terlihat ketika apel pagi. Begitu juga disiplin berpakaian dan lainnya, juga dapat terpantau pada saat dilaksanakannya apel pagi. Maka alngkah baiknya apel pagi dilaksanakan terus di setiap sekolah. Seperti tentara atau polisi yang menjadikan apel pagi sebagai tradisi, semestinya sekolah juga demikian. Semoga!***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan

Halaman