Senin, 28 Januari 2019

Menyongsong MTQ 2019 Kecamatan dan Kabupaten Karimun


MEMASUKI tahun baru, 2019 akan  bermula juga banyak kegiatan baru, termasuk kegiatan di Kabupaten Berazam, Karimun. Dari level kelurahan/ desa hingga ke level kabupaten akan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan. Salah satu kegiatan itu adalah kegiatan MTQ (Musbaqoh Tilawatil Quran) yang merupakan helatan rutin setiap tahun di kabupaten ini. MTQ sendiri sesungguhnya adalah kegiatan rutin nasional setiap tahun.

Karimun terkenal di Provinsi Kepri bahkan secara Nasional sebagai kabupetan yang senantiasa berprestasi dalam berbagai even MTQ. Inilah sebabnya helatan MTQ menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu oleh masyarakat. Pemerintah (Daerah) sendiri sangat 'ambil berat' dengan kegiatan MTQ ini. Anggaran untuk kegiatan ini tidaklah sedikit di APBD Kabupaten Karimun.

Melalui LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten, Pemda melalui Bagian Kesra dan Keadamaan Setda Kabupaten Karimun bahkan secqra rutin melaksanakan MTQ setiap tahun. "Jadi, di Kabupaten Karimun tidak ada lagi istilah STQ (Seleksi Tilawatil Quran. pen) sebagaimana yang berlaku secara Nasional dan di hampir semua daerah di Indonesia," jelas Ketua Umum LPTQ, H. Anwar Hasyim yang juga adalah Wakil Bupati Karimun.

Untuk diketahui bahwa Pemerintah melaksanakan dua even dalam lomba membaca alquran, MTQ dan STQ. Perbedaannya hanyalah pada cakupan cabang yang dilombakan saja. Selain jumlah cabang, semuanya sama.

Sesuai hasil rapat LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) bersama Pemda, dalam hal ini  Bagian Kesejahteraan dan Keagamaan (Kesra) Sekretariat Pemda Kabupaten Karimun hari Jumat (11/01/2019) lalu diputuskan bahwa pelaksanaan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) di Kabupaten Karimun untuk tahun 2019 sudah dapat dimulai sejak awal tahun ini. Pelaksanaannya akan dimulai dari Tingkat Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Karimun berjenjang hingga MTQ Tingkat Kabupaten Karimun.

Rapat yang diikuti oleh pengurus LPTQ Kabupaten dan LPTQ Kecamatan se-Kabupaten Karimun dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim selaku Ketua Umum LPTQ Kabupaten. Ketua Harian LPTQ Kabupaten, M. Rasyid Nur bersama jajaran pengurus harian juga hadir pada rapat yang membahas rencana pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan se-Kabupaten dan MTQ Tingkat Kabupaten.

Untuk MTQ Tingkat Kelurahan dan Desa, waktunya diserahkan kepada kelurahan dan desa dengan koordinasi kepada camat di tempat masing-masing. Jadwal MTQ Tingkat kecamatan akan bermula pada 25 Februari 2019 dengan diawali oleh Kecamatan Karimun sebagai Kecamatan Tuan Rumah MTQ Tingkat Kabupaten 2019.

Jadwal MTQ Tingkat Kecamatan berikutnya berturut-turut pada dari 27 Februari dan akan berakhir pada 22 Maret yang akan datang. Setiap kecamatan diberikan alokasi waktu MTQ selama empat hari dengan setiap dua atau tiga hari akan dihelat (dibuka) MTQ di Kecamatan lainnya. Selengkapnya periksa jawal berikut, 
Jadwal MTQ Kecamatan se-Kabupaten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Anda