Senin, 04 Juni 2018

Santunan Bulan Ramadhan: Sebuah Tradisi Kemuliaan

SUDAH menjadi kelaziman, menjelang akhir puasa selalu ada pembagian santunan oleh lembaga tertentu atau perorangan kepada para fakir-miskin dan atau kaum dhuafa. BAZ (Badan Amil Zakat) Kabupaten Kabupaten Karimun, misalnya setiap tahun menjelang Idul Fitri selalu memberikan santunan dari dana umat yang mereka kumpulkan, baik dari zakat (untuk fakir-miskin, dll) maupun dari infaq-sedekah (untuk anak yatim dan kaum dhuafa). Tahun ini, dari PT Timah Tbk Prayun, Kundur juga ada pemberian santunan.


Pada Ramadhan 1439 ini BAZNAS Kabupaten Karimun menyalurkan bantuan masyarakat kepada beberapa pihak yang berhak dan layak menerima, antara kepada fakir-miskin dan anak yatim. Juga telah disalurkan bantuan kepada para ustaz yang ada di kabupaten ini. Menurut Ketua BAZNAS Karimun, Atan As bahwa pada Ramadhan ini baru saja disalurkan bantuan kepada 50 orang anak yatim berupa dana tunai. Juga disalurkan kepada 20 orang ustaz dan 20 orang hafizh yang masing-masing mendapatkan Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

PT. Timah melaksanakan pemberian santunan pada hari Kamis (31/05/18) lalu yang disejalankan dengan acara berbuka bersama. PT Timah memberikan bantuan berupa uang bantuan pendidikan kepada para siswa yang ada di Kabupaten Karimun. Juga diberikan bantuan kepada para hafizh/ hafizhoh kabupaten yang telah berprestasi dan mengharumkan nama daerah ini. Sesuai dengan yang dimintakan oleh PT Timah (Prayun) melalui Ketua LPTQ Kabupaten Karimun, telah dikirimkan sebanyak 19 orang hafizh/ hafizhoh untuk mendapatkan bantuan berupa biaya pendidikan. Selain para hafizh melalui LPTQ Kabupaten Karimun, juga ada bantuan untuk puluhan siswa se-Kabupaten Karimun.

Pada hari Ahad (03/06/18) pagi juga ada pembagian santunan untuk para fakir-miskin dan kaum dhuafa oleh organisasi persaudaraan haji. Bertempat di Masjid Al-Jihad, Baran, dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Karimun, H. Anwar Hasyim para pengurus IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kecamatan Meral memberikan bantuan berupa sembako kepada para fakir-miskin dan kaum dhuafa yang ada di Kecamatan Meral dan sekitarnya. Menurut Ketua IPHI Kecamatan Meral, Abdurrahman Gap, setiap paket sembako berisi berbagai kebutuhan pokok dengan nilai Rp 150.000 per paket.

Menurut informasi lainnya, nanti juga akan ada pembagian santunan yang sama oleh IPHI Kabupaten Karimun. Menurut Ketua IPHI Kabupaten Karimun, H. Abdul Haris, kegiatan pembagian sembako ini akan disejalankan pula dengan doa selamat mengantarkan Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun tahun haji 1439. Menurutnya lagi, IPHI Kabupaten akan menyalurkan lebih dari 100-an paket sembako kepada para fakir-miskin dan kaum dhuafa. Dana untuk paket sembako ini, selain dari pengurus IPHI sendiri juga dari masyarakat umum lainnya, jelasnya.

Kegiatan penyaluran santunan sembako IPHI Kabupaten Karimun akan dipusatkan di Balai Pertemuan Haji Kabupaten Karimun, Tebing. Direncanakan akan dihadiri oleh Bupati Karimun dan beberapa pejabat kabupaten selain para Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun serta para pengurus IPHI Kabupaten.

Tentu saja pemberian santunan oleh beberapa lembaga dan atau perorangan ini sebuah kegiatan baik dan mulia. Di bulan mulia lalu ada kegiatan mulia juga tentu saja sangat membanggakan. Walaupun pemberian santunan kepada para fakir-miskin atau kaum dhuafa tidak harus di bulan puasa, namun tradisi pemberian santunan dalam bulan puasa menjelang Hari Raya, tentu saja sesuatu yang baik juga. Para penerima yang sejatinya juga bergembira di Idul Fitri, boleh jadi tidak akan merasakan kegembiraan itu jika tidak ada sesuatu yang dapat menggembirakan mereka. Dengan pemberian santunan, diharapkan mereka dapat merasakan kegembiraan tersebut. Semoga.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan