Jumat, 24 April 2015

Hafiz Cilik itu Cukup Memukau

ADA yang menarik dan membuat kagum dalam lomba Hifzil Quran MTQ Tingkat Kabupaten Karimun tahun 2015 di Durai beberapa waktu lalu. Jika Anda menyaksikan berlangsungnya lomba cabang menghafal alquran Golongan Satu Juz dan Tilawah pada hari Selasa (07/ 04) itu, pastilah akan muncul rasa kagum. Seorang anak kecil dalam usia 6 setengah tahun begitu memukau penonton dalam melantunkan bacaan ayat-ayat alquran tanpa melihat kitab suci alquran. Namanya juga hafiz, yang menghafal.


Hari pertama berlangsungnya MTQ cabang Hifzil Quran Satu Juz dan Tilawah, seorang anak kecil yang mewakili salah satu kecamatan tampil dengan suaranya yang lantang sekali. Sebagai salah seorang Dewan Hakim, saya benar-benar kagum dan juga terkejut dengan bacaannya yang begitu menawan. Suaranya yang dominan itu bertolak belakang dengan badannya yang tampak kecil sekali. Bukan hanya kecil tapi kelihatan wajahnya yang lugu dan benar-benar kekanak-kanakan.

Beberapa orang yang sudah duluan tampil untuk cabang yang sama, sama sekali tidak menimbulkan rasa heran. Memngagumkan, ya mengagumkan tapi tidak sampai mengherankan. Jika anak-anak dalam usia sepuluhan tahun mampu menghafal satu juz alquran tentu saja mengagumkan. Tapi jika usianya masih di bawah tujuh tahun, itu tentu kagum sekaligus mengherankan.

Itulah dia Riki (begitu anak itu dipanggil) yang membuat penonton kagum, haru dan heran. Dia begitu lancar dan berusara bagus dalam membawakan bacaan ayat-ayat suci Alquran yang ditanyakan kepadanya. Sebagai salah seorang peserta Lomba Hifzil Quran Golongan Satu Juz dan Tilawah, Riki juga membacakan tiga soal ayat-ayat sebagai hafalan dan bacaan tilawah. Kedua jenis bacaan itu dibawakan dengan begitu indah dan menawan hati.

Atas kehebatannya itu, tentu saja akan begitu membanggakan kedua orang tuanya, kecamatan Kundur Utara yang diwakilinya bahkan Kabupaten Karimun sendiri. Semoga kelak dia menjadi seorang hafiz yang handal kelak di kemudian hari. Amiin.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan