Rabu, 01 Oktober 2014

Disiplin untuk Kesaktian Pancasila

Salah Satu Latihan Disiplin
DI HADAPAN seluruh peserta didik dan pendidik serta tenaga kependidikan SMA Negeri 3 Karimun, pada apel pagi Rabu (01/ 10) saya menyempatkan diri menyampaikan pesan-pesan pagi yang setiap Rabu pagi memang ada apel pagi. Apel Rabu pagi adalah tradisi apel yang dilaksanakan rutin. Selain Senin pagi, hari Rabu juga diadakan apel singkat menjelang masuk kelas.


Kepala Sekolah atau guru piket akan menyampaikan nasihat pagi berupa mativasi dan nasihat lainnya. Sebenarnya setiap pagi, ada apel pagi sebelum masuk kelas untuk memulai pembelajaran di depan kelas masing-masing. Khusus apel pagi hari Rabu, apel paginya dilaksanakan di lapangan upacara sebagai mana  apel Senin pagi. Pada apel hari ini juga diikuti oleh seluruh guru dan pegawai TU.

Karena hari ini adalah hari Kesaktian Pancasila, maka materi nasihat saya, sengaja saya fokuskan ke nilai-nilai pancasila. Sebagai guru, saya mengingatkan seluruh peserta apel, agar menjaga disiplin sekolah. Disiplin adalah salah satu nilai yang diajarkan oleh Pancasila.

Saya sengaja menyebutkan kembali betapa pentingnya disiplin bagi sekolah. Dari Kepala Sekolah sampai ke siswa, hendaknya menjaga dan menerapkan disiplin. Ketika apel, misalnya, tidak boleh ada siswa yang ribut atau ikut berbicara pada saat guru atau Kepala Sekolah sedang berbicara. Ini masalah yang kelihatannya sepele, tapi sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan sekolah.

Oleh karena itu, mari terus kita menjaga dan menerapkan hidup disiplin untuk diri masing-masing. Datang dan pulang tetap waktu, menjaga dan memelihara kebersihan dan keindahan kelas atau sekolah, rajin dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antara siswa, dan banyak lagi. Itu semua adalah cara kita menjaga disiplin.

Dengan hidup disiplin berarti kita secara tidak langsung akan menjaga keharmonisan bangsa dan negara kita. Artinya kita akan tetap mampu menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dadar negara dan pedoman juga dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan