Selasa, 21 September 2021

Pak Idris, Guru Agama Telah Tiada

PAGI, ini saya mendapat kabar, telah berpulang kerahamtaullah salah seorang guru di Kabupaten Karimun, Pak Idris. Saya langsung menulis sebuah status tentang kepergiannya, Innalillahi wainna ilaihi rojiun, telah menghadap ke pangkuan Allah sahabat kita, guru kita, orang tua kita, saudara kita, Pak Idris Manalu, MPd bin Pakso Manalu (50 tahun) guru Pendidikan Agama (Islam) di SMK Negeri 1 Karimun pada pagi hari ini, Selasa (21/09/2021). Semoga kepergiannya 'husnul khotimah' dan diampuni segala dosanya. Menulis status di medsos perihal kepergian seseorang adalah bagian dari informasi yang mudah-mudahan dibaca sahabat-sahabat lainnya.

Pak Idris yang bernama lengkap Idris Manalu, MPd adalah sahabat saya ketika kami sama-sama mengabdi di SMA Negeri 2 Karimun. Sebagai guru honorer waktu itu, dia sangat aktif dan rajin dalam menunaikan tugas sebagai guru. Dia mengampu Mata Pelajaran (MP) Pendidikan Agama Islam. Ketika dia sudah menajdi PNS pun Pak Idris sangat rajin dan aktif dalam berbagai kegiatan keagamaan di sekolah ataupun di luar sekolah.

Tahun 2006 lalu, saat saya dan isteri akan berangkat ke Tanah Suci, dialah yang menginisiasi kegiatan Doa Melepas ke Tanah Suci di lingkungan SMA Negeri 2 Karimun. Begitu harunya mendapat doa bersama dari keluarga besar SMA Negeri 2 Karimun, waktu itu. Saya teringat itu, karena dialah Guru Agama saat itu yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Saat tulisan simgkat ini saya buat, di status duka Pak Idris yang saya tulis menjelang siang tadi sudah ada 100-an teman yang memberikan komentar. Rata-rata mendoakan kepergian Pak Idris, semoga mendapat ampunan daro Allah. Salah seorang sahabat yang mengaku pernah bersekolah di SMA Negeri 2 Karimun berkomentar begini, "Alm. Pak Idris Manalu adalah Guru yang Tegas dan Humoris.. Sewaktu masih murid beliau mengajar di SMU N 2 (Studi Agama Islam) semoga Alm. Khusnul Khotimah. Selamat Jalan Guruku Bapak Idris Manalu." 

Sebagai sesama guru, mari kita hadiahkan bacaan ayat alquran, surah alfatihah untuk dia. Selamat jalan, Pak Idris. Semoga ditempatkan pada tempat terbaik di sisi Allah Swt, amin.***

1 komentar:

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...