Senin, 18 Mei 2020

Merancang Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah (Resume Kuliah Online)


Kuliah On Line "Belajar Menulis dan Menerbitkan Buku"
 #KelasMenulisBersama #OmJay
Waktu         : Senin (18/05/2020) Pukul 13.00 - 15.00
Narasumber: Wijaya Kusumah (Om Jay)
Materi         : "Merancang Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah"

HARI ini, Senin (18/05/2020) Kuliah On Line #KelasMenulisBersama#OmJay yang diselenggarakan setiap hari
kecuali hari Sabtu dan Ahad menampilkan narasumber Om Jay yang bernama lengkap Wijaya Kusumah, SPd MPd sebagai pengganti Pak Munif Chotib yang mendadak berangkat ke Surabaya. Om Jay akan memberikan  materi "Merancang Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah.

Om Jay mengawali dengan menjelaskan ketidakhadiran Narasumber pada hari ini. "Sehubungan dengan berhalangannya pak Munif Chotib, karena harus berangkat ke Surabaya, maka materi beliau Om Jay gantikan, Semoga masih bisa diterima oleh kawan-kawan semuanya."

"Assalamu alaikum Warahmatullahi wabaraktuh. Selamat siang guru guru hebat Indonesia. Siang ini Om Jay akan berbagi pengalaman dalam menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari rumah.
 Berikut ini Om Jay beri contoh pembelajar dari rumah dalam bentuk video berikut. Silakan disimakkan. https://www.youtube.com/watch?v=cZa4hHQf3nk

Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua. Siswa senang, orang tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah. Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video.

Saya menyarankan Bapak Ibu untuk melejitkan keterampilan menulis siswa lewat blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing. Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan. Berikut ini omjay contohkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Sekolah Dasar melalui video di You Tobe ini. Silakan disimak, https://www.youtube.com/watch?v=9uvfiZuh9vs

Kesimpulan materi hari ini adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar.

Semoga materi yang omjay sampaikan siang ini bermanfaat buat kawan kawan semua. Bila ada yang ingin ditanyakan, kita bisa diskusi melalui WA Group ini. Nanti kawan kawan bisa bertanya kepada pak bambang Purwanto sebagai moderator sesuai dengan nomor WA yang dibagikan di atas, terima aksih. Terima kasih. (Om Jay).

Nah selanjutnya satu jam ke depan kita tanya jawab
P1 Assalamualaikum. Izin bertanya tentang pembelajaran yang efektif dari rumah
Jadwal belajarnya ditentukan oleh guru berdasarkan jadwal pelajaran seperti hari-hari biasa atau kah di rubah? Pembelajarannya lebih menekankan kepada pembentukan karakter mandiri yang berefek pada keseharian siswa? Lalu untuk pencapaian ranah kognitifnya dapat kita ukur dalam satu hari satu mapel atau bgm untuk jenjang SD. TERIMAKASIH ATAS JAWABANNYA.

Walaikum salam, jadwal jelas harus berubah, tdk sma dengan tatap muka di sekolah, pembelajaran lebih kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter dengan emmadukan iptek dan imtak
untuk peneilian guru dpatmelakukan penilaian berbasis proyek atau potofolio, disesuaikan dgn kondisi murid sd

P2 Asw Om Jay, saya Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, mnrut Om, mngkin tidak bila sistem pembelajaran daring nntinya bl frasa siswa atau guru lbih nyaman..akan mmberi efek pada pmbljrn konvensional yg lazim kt lksnkn sblm wabah Corona terjadi? Klw mmg ada efek tdk baiknya, apa kira2 lngkah yg bs kt lakukn Om? Trmksh. Silahkan Omjay 

Walaikum salam Candra, mungkin nanti akan terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi modern

P3 Untuk keberhasilan pembelajaran daring yang efektif kepada siswa yang terkendala tidak memiliki HP atau jaringan yang lemot  bgm solusinya? Silahka Omjay.

Solusinya gunakan teknologi yg ada. kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tdk mau, suka atau tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan SDM unggul

P4 Assalamu 'alaikum wr.wb. Om Jay, selama BDR ini, disekolah kami melaksanakan pembelajaran melalui group WA. Di akhir pertemuan, guru memberi tugas sbg instrumen penilaian. Namun sayang, ternyata yg mengumpulkan tugas hanya maksimal 75% siswa saja. Bagaimanakah cara yg bisa kita tempuh agar siswa juga aktif mengumpulkan tugas tsb? Terima kasih. (Wiji - malang) Silahlkan Omjay.

Walaikum salam, jangan dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dngan sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yg belum mengumpulkan tugasnya, ortu harus diberitahu karena kerjasama guru dan ortu sangat penting dalam pembelajaran yg efektif dari rumah

P5 Assalamualaikum. Safitri-Purbalingga. Izin bertanya..
1. Bagaimana cara mengatasi pembelajaran apabila anak-anak memiliki minim sarana daring ?
2. Untuk anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses bukan tergantung hasil. Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas misalnya merekam hafalannya.bercerita dan mengerjakan tugasnya.
3. Bagaimana menilainya untuk ditulis di Rapot?   Terima kasih Silahkan Omjai. Terima kasih

P6 Asskm. Saya wahyu susilowati dr Sidoarjo. Mengajukan pertanyaan :
1. Bagaimana penilaian siswa yg tidak aktif dikarenakan beberapa kendala dalam pembelajaran daring untuk saat ini walaupun sudah terjadwal?
2. Penilaian yg tepat untuk pembelajaran daring seperti ini yg cocok itu seperti ap? Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika pembejaran daring ini tidak boleh dimasukkan dalam penambahan penilaian pada erapor. Silahkan Om

P7. Assalamu'alaikum om jay.. Saya sumarjiyati dr GK. Dalam menciptakan pola belajar yg efektif dr rumah itu.kita sdh mmbuat jadwal dan berharap siswa jg bs mlksanakn. Pmbjran sesuai jadwal tersebut.tp pd knyataan yg kmi alami d sekolah kami.ada sbgian siswa yg kurang mmperhtikan shingga dpt mnghmbat klncaran proses pmbljran sesuai  jadwal yg d smpikan. Bgamana sikap kita untuk hal tersebut om.. Mengingat siswa blm bisa  mngikuti pmljaran sesuai jadwal sec. konsisten.. .bnyk dr para wali siswa mngeluhkan untuk pmbelajaran dr  rumah ini siswa tdk menurut kata ortu.shingga tgs2 yg d brikn tdk dpt trselesaikan dg cepat.akhirnya pmbjran ini di rasa tdk efektif.
Bagmna tindakn kita sbgi guru. Mngingat peserta didik kmi msh pd kelas rendah( SD)
Terimakasi.. Silahkan Om

Terimakasih.. Guru harus…

P8 Assalamu'alaikum. Terima kasih atas bimbingan nya Om Jay. Saya Suminar dari Tangerang.
Izin bertanya. Apakah ada kendala yang dialami dalam PJJ selain jaringan internet, dan mohon arahnya dalam mengatasi nya? Pasti ada, bukan hanya akses internet tapi juga fasilitas yg dimiliki siswa dan guru di rumah. Kalau akses internet tdk ada gunakan teknologi yg ada di sana, misalhnya cuma ada sms, belum ada wa, siswa punya hp tapi tanpa kamera, maka telpon lsg adalah solusinya walaupun guru harus keluar biaya pulsa cukup besar. Jadi setiap guru akan mengalami hal yg bergam, inilah dinamikannya dan jangan lupa pengalaman kita dituliskan di blog sehinga dpt menginspirasi guru lainnya. Terima kasih

P9 Keluhan siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi, sehingga selain harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu banyak kapasitas penyimpanan data yg terpakai. Berdasarkan pengalaman aplikasi yg paling cocok, mudah, dan efektif yg mana? Rusmin, Kab. Barito Kuala KALSEL Silahkan Om.

Jawab: Omjay saat ini menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka, walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah dan mudah cara pemakaiannya

P9. Muh. Said, Makassar. Terima kasih penjelasan Omjay tentang pola belajar efektif di rumah.
Pertanyaan ;
1. Disekolah saya masih banyak siswa belum punya HP Android.
2. Ada yg punya HP tapi alasan tidak mampu beli kuota.
3. Pembelajaran dirumah terjadwal. Bagaimana trik/solusi guru dlm  menghadapi siswa seperti ini? Silahkan Om
Muh. Said Makassar

P11. Selamt Sore Om Jay. Saya Komang Eli Mahayani dr Negara-Bali. Yang saya alami saat masa pandemi ini sungguh dilematis. Dg zonasi sklh kmi dg siswa2 tinggl di daerah terpelosok dan kondisi ekonomi siswa kami. Ini kendala besar pembeljrn secara daring yg dilakukan. Adakah solusi menarik utk ttp menciptkn belajar efektif dirumah dg menyenangkn.  Terimakasih. Kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi. Bila pembelajaran jarak jauh tdk bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tdk ada. memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru ta…

P12 Assalamu'alaikum... Om Jay yg kmi hormati... Izin bertanya...
BDR kami sebagian besar melalui WA G,kendala BDR kami  sinyal lemah dan guru belum punya  laptop yg mdukung,bagaimana solusi BDR yg efektif dan berapa prosentase pembagian materi pembelajaran antara imtaq n iptek agar tujuan pembentukan karakter peserta didik tercapai?
Terimakasih, Sri Yatun- Gunungkidul Silahkan Om🙏

P13 Siti Fatimah Mojokerto
Namun pembelajaran online ada plus minusnya. Terutama pada penggunaan kuota internet. Dengan pola on off bisa membantu pelaksanaan belajar .  Yang saya tanyakan Adakah pola lain yg lebih hemat di era pandemi ini bapak? Mengingat ekonomi rakyat sedang terpuruk. Silahkan Om.

Ada, gunakan wa group atau line group. Saya sering menggunakannya dengan bentuk teks, karena bentuk teks ini tdk makan kuota banyak

P14 Apakah dengan penjadwalan belajar siswa yg sdh dirancang sedemikian rupa oleh guru dan bekerja sama dg orang tua ini menunjukkan setiap siswa memiliki jadwal yg berbeda2. Apakah maknanya sudah mengorganisir semua mapel yg ada pada kurikulum ? Dan apakah penjadwalan ini bisa memfasilitasi setiap siswa yg memiliki kemampuan belajar yg berbeda misalnya ada siswa yg lebih condok ke tipe pembelajar visual, kinestetik, naturalis dll. Terimakasih. (Fitriani (MAN IC Tanah Laut)

Setiap penjadwalan disesuaikan dengan kesepakatan guru di sekolah tsb dengan memeprhatikan gaya belajar siswa

P15 Om Jay ...saya mau bertanya tentang pembelajaran daring dari rumah dikaitkan dengan kenaikan kelas apakah cukup dari nilai daring atau bgmana karena tatap muka juga tidak pernah...mohon pencerahannya. Terimakasih Maaf saya Rachmi dari Banyuwangi

Ibu Rachmi yg baik,  penilaian hanya guru yg bersangkutan yg lebih tahu, kalau dirasa dengan online sdh cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi bila blm cukup bisa gunakan waktu eremedial melalui online. hal itu saya lakukan bila ada nilai siswa yg kurang dgn menghubungi wali kela dan orang tua siswa, biasanya kami rapat dengan dewan guru untuk meberikan solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir.

Semoga sdh cukup pertanyaannya Waktu sudah 15.03, saya mengucapkan terima kasih untuk Omjay yang luar biasa di siang hari ini. Bagi pertanyaan yang tidak bisa terjawab  langsung saja japri. Mohon maaf apabila ada kekurangan.

Terima Kasih
Wasalamualaikum w.w.
Salam Hormat
Mr.BamS
Terima kasih banyak Mr Bams
Sama sama Om
Saya kembalikan ke Om Jay.


1 komentar:

  1. semoga materi yg omjay sampaikan bermanfaat untuk kita semuanya, aamiin

    BalasHapus

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...