Rabu, 13 Mei 2020

Dra. Rahmi Wilandari, M Pd: "Mari Menulis di Media Cetak" (Resume Kuliah Online)

Resume Kuliah On Line: BELAJAR MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU
 #KelasMenulisBersama #OmJay
Waktu         : Rabu (13/05/2020) Pukul 13.00 - 15.00
Narasumber: Dra. Rahmi Wilandari, M Pd
Materi         : "MENULIS DI MEDIA CETAK 

HARI ini, saya berkesempatan mengikuti Kuliah On Line #KelasMenulisBersama#OmJay yang diselenggarakan setiap hari kecuali hari Sabtu dan Ahad. Seperti biasa, kegiatan awal adalah
sapaan dari Om Jay yang mengelola kegiatan ini. "Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.  Selamat siang guru hebat Indonesia
Siang ini kita akan mendapatkan pengetahuan tambahan dari Ibu Rahmi Wilandari⁩. Kepada Ibu Rahmi kami persilahkan menyampaikan materinya tentang Menulis di Media Cetak."

Oh ya, tentang profile Ibu Rahmi sendiri adalah,
Nama                               : DRA. RAHMI WILANDARI , M.Pd
Tempat, Tanggal Lahir  : SURABAYA, 1 JANUARI 1965
Alamat Rumah               : JL. SUTEDI SENOPUTRA GG CEMPAKA I/2 KARANGPILANG SURABAYA 60221
Alamat Surel                   : rahmi.smadda@yahoo.com
Blogger                            : edukasirahmiwilandari.blogspot.com
Nomor HP                       :  081235192393
Program Studi S-1         :  S1 Pendidikan Ekonomi Tahun Lulus 1988
Program Studi S-2         :  S2 Pendidikan Ekonomi Tahun Lulus 2013
Tempat mengajar           : SMA Negeri 21 Surabaya/ Jawa Timur
 Daftar Karya                :
- Jurnal Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya
“ Pembelajaran Kooperatif Tipe Thik Pair Share dengan Media 3D Topiscape SE ( Student Edition ) untuk Meningkatkan Ketuntasan belajar Siswa ( 2013) “
- Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio dan Multimedia ( 2013 )
- My Literacy for My Future ( Literasiku, Masa Depanku) ( 2017 )
- Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan menggunakan Media Kartu Remi (Playing Cards) untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Materi Permintaan dan Penawaran  ( 2018 )
-Wajib dan perlukah Pendidikan Kewirausahaan di SMA ( Artikel Ilmiah ) ( 2019)
-Membangun Karakter Generasi Milenial menghadapi Era Revolusi Industri 4.0   ( 2019 )

Daftar Penghargaan :
- Juara 3 LKTI Majalah Media (PGRI) Tingkat Jawa Timur tahun 2013
- Juara Lomba Guru Menginspirasi ( KTI Literasi ) Tingkat Nasional  2018 untuk jenjang SMA / MA / SMK diselenggarakan oleh Penerbit PT. Erlangga Jakarta

"Assalamualaikum.... Yth bapak dan ibu guru HEBAT  Indonesia yg bebahagia dan bersemangat...
Perkenalkan nama saya Rahmi Wilandari. Mengajar di SMAN 21 Sby.. Saya juga guru biasa seperti bapak ibu semua,  jd kita bisa sharing saja."

Ibu Rahmi melanjutkan, "Saya pengampu Mapel Ekonomi dan Kewirausahaan. Seperti pada umumnya para penulis punya latar belakang Pendidikan Bahasa dan Sastra, sedangkan saya latar belakang Pendidikan Ekonomi. Awal saya tertarik untuk menulis segala apa kejadian sehari-hari saya alami saya tulis. Yah...  pada saat berangkt kerja ada kejadian menarik. Setiba di sekolah lgsg buka laptop apa yg saya lihat kejadian td saya tulis garis besarnya.  Setelah sampai dirumah saya buka lg laptop utk melanjutkan cerita yg tertunda  siang hari.

Saya jg tdk pandai merangkai kata2 untuk menjadi sebuah kalimat fan menjadi sebuah paragrag yg enak utk dibaca. Utk menulis itu ada macam2 penulis. Ada Penulid Cerpen,  ada penulis Novel,  ada penulis cerita bersambung ( Cerbung).Ada jg penulis Ilmiah. Kategori Penulis Fiksi dan non Fiksi Penulis artikelpun jg ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku tek Janganlah enggan utk memulai menulis. 

Jika saya ada waktu luang selalu saya habiskan utk membaca di perpustakaan... Selain perpustakaannya adem,  tenang utk membaca dan bisa menginspirasi utk menulis... Penulisan KTI atau artikel dibutuhkan wawasan utk rajin membaca baik buku cetakan atau e book.

Untuk Penelitian ada Penelitian Deskriptif. Penelitian Eksperimen (penelitian murni)  dan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Bagi guru PTK harus bisa dilaksanakan dan  sangat mudah krn dari kejadian sehari saat mengajar. Utk langkah2 PTK sdh ada pada PPT saya diatas. Dan pertama kali saya ikut lomba KTI ( PTK)  tahun 2013. Saat penelitian saya laksanakan, saya tdk punya target utk menang.  Yah...  hitung2 cari pengalaman...

Saat itu gencar2nya workshop2 tentang Penulisan PTK dan Karya Ilmiah.... Banyak guru2 pada penasaran bgmn menulis PTK. Bagi bapak dan ibu guru yg ikut workshop ini kan jg sama dengan saya, sama2 jadi penulis hebat. Sebuah keberhasilan harus disertai usaha, semangat serta kerja keras. Terkadang kita lg mood menulis,  jika penyakit malas kambuh enggan lg menulis. Mulailah belajar disiplin diri menulis setiap hari. Insya'allah kalau sdh terbiasa akan enak,  dan kecanduan utk selalu menulis dan menulis.

Ass wr.wb.
1.Kriteria judul PTK yg bagus spt apa biar tdk tertolak
2. Bentuk artikel ilmiah bagaimana dan apa syarat2 yg hrs dpenuhi dlm isi artikl tsb
3. CAra krm artikl ke media spt majalah, jawa pos...
Mhn maaf krn msh pemula mhn bimbingannny.tks🙏🏻

Didalam PPT saya ada langkah penulisan PTK dan artikel Ilmiah....
Pertanyaan 1, Saya ingin bertanya ibu Rahmi...tadi dari paparan ibu ada penelitian deskriptif, tolong ibu jelaskan penelitian deskriptif itu contohnya yang bagaimana dan apakah bisa digunakan sebagai karya tulis ilmiah Bu Matur nuwun. Saya Rachmi dari Banyuwangi
Untuk judul PTK dari kegiatan kita mengajar bisa kita jadikan PTK....

Pertanyaan 2, Slmt sore ibu, apakah PTK wajib menggunakan sebuah model atau metode pembelajaran? Dan apakah mutlak 3 siklus yang ada dalam sebuah PTK? Tks bu. Yulius Roma-Tana Toraja

Pertanyaan 3, uh. Said, Makassar.
Salah satu faktor penghambat kenaikan pangkat guru adalah kekurang mampuan meneliti dan menulis karya ilmiah seperti PTK.
Pertanyaan :
1. Ciri utama PTK adalah adanya siklus. Bagaimana kalau hasil penilaian siklus 1 ke siklus 2 menurun ?
2. PTK diseminarkan disekolah. Bagaimana prosedurnya ?

Pertanyaan 4, Selamat siang bunda Rahmi. Saya Pajarwati dari Tangerang.
Dalam pembuatan PTK itu awalnya adalah problem dalam kelas yg akan d perbaiki. Treatmen apa yang dilakukan supaya PTK itu benar2 sebuah penelitian, karena terkadang guru hanya mengejar  target untuk kenaikan pangkat belaka .

Pertanyaan 5, Trimakasih Ibu Rahmi buat ilmunya.
Dalam penulisan PTK, sumber utamanya kan kita guru, berdasarkan temuan2 kita saat mengajar, adakah sumber2 tambahan dari luar yg Ibu ambil sebagai referensi dalam Penulisan PTK bu?.
[13/5 14.03] Om Jay: Pertanyaan 6, Yth.Ibu Rahmi, perkenalkan saya bu Beni dr Bojonegoro, saya pernah lomba Best Practice sesuai dengan ketentuan dr panitia, namun setelah presentasi ada komentar bebrapa orang mengatakan bahwa best practice sya terlihat seperti PTK, yang mau saya tanyakan *apa perbedaan signifikan antara PTK dan best practice?*, mengingat keduanya sama2 mencari solusi dengan menerapkan strategi tertentu.
Terima kasih. Salam

Pertanyaan 7, Ibu, mhn penjelasan perbedaan pembahasan pd HASIL dan PEMBAHASAN. Sy kdg keliru antara HASIL dan PEMBAHASAN. Terima kasih.
Isminatun. Sukoharjo

Pertanyaan 8, assalamualaikum ibu.. saya sumarjiyati dari Gk,yang mau saya tanyakan buk.. saya lihat di ppt abstrak menggunakan bahasa inggris. apakah abstrak  di dalam ptk harus menggunakan bhsa inggris buk? terimakasih

Pertanyaan 9, Assalaamu'alaikum bu rahmi, sy sri indayani dr lamongan. Yg saya tau di sekitar sy biasanya ptk datanya tdk asli krn mencari data nilai asli seperti yg diharapkan susah banget. Bagaimana tipsnya agar saat melakukan penilaian didapatkan nilai spt yang diharapkan saat membuat ptk shg data nilai yg dipakai asli?
Penelitian diskriptif : peneliti mampu mengidentifikasi mengapa,  apa dan bgmn fenomena sosial... Banyak sekali gejala sosial yg terkadang kita bisa memprediksinya.
assalamualaikum bu Rahmi, saya eti haryati dari Bogor. saya terus terang lemah sekali dalam menulis terutama dalam merangkai kata. bagaimana tip untuk supaya ada keterampilan dalam merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang menarik?

Pertanyaan 10, Ass.Bu Rahmi
Saya tdk pandai merangkai kata2 untuk menjadi sebuah kalimat n menjadi sebuah paragrag yg enak utk dibaca..Bgmn Cara memulainya..saya hy punya tekad kuat..sperti..kt. Om Jay..Write or Die..?..mhon bimbingannya ..trmksh
Tahun 2017 saya dan murid saya tentang layanan non tunai,  dengan tehnik wawancara. Ternyata pelayanan sekarang lbh banyak menggunakan E Money... pernah mengadakan penelitian diskriptif
PTK minimal hrs 2 siklus,  3 siklus lbh baik. Di PPT saya ada lampiran apa saja yg diperlukan supaya PTK tdk ditolak.

Pertanyaan 11, assalamualaikum bu Rahmi, saya eti haryati dari Bogor. saya terus terang lemah sekali dalam menulis terutama dalam merangkai kata. bagaimana tip untuk supaya ada keterampilan dalam merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang menarik?
Kalau pakai media pembelajaran  maka PTK ada 3 variabel,  dan hrs ada lembar pengamatan penggunaan Media...
Yah... Penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ya hrs ada peningkatan .Guru kan dalang bgmn menjalankan lakon agar bisa meningkat.

Pertanyaan 12, Asalamualaikum bu rahmi saya Donieks .S dari Palangka Raya. Saya mau bertanya gimana penulisan yang menarik pada PTK
[13/5 14.21] Om Jay: Pertanyaan 13, Apa ciri -ciri artikel yang mudah dimuat di media  cetak, Sri Budi gresik
Nah... Pandangan ini yg salah ibu. Jangan membuat PTK krn mau naik pangkat,  usahakan 1 tahun Pelajaran minimal 1 PTK,  jd pas naik pangkat aman dan tenang krn kita sdh siap buka PTK yg jahitkan.
Maksud saya bukan PTK hasil jahitan.
Dari luar maksudnya buku2 bacaan? Untuk referensi tahunnya hrs 10 tahun ke belakang,  jd kita cari judul dan pengarang yg sama tapi edisi terbaru
Antara PTK dan Best Practice tdk sama ibu.  Best Practice pengalamsn terbaik. Utk lbh jelasnya lihat buku 4 dan buku 5 Pedoman Kenaikan pangkat.
Hasil Penelitian menggabarkan bgmn hasil penelitian dari siklus 1- 3 disertai data tabel hasil Penelitian.
Monggo dibaca blogger saya
Cukup jelas dan gamblang meskipun sedikit agak repot utk mengolah data,  grafik dan tabel...
Saya ibu setiap menyusu RPP satu semeter, saya sdh merencanakan bab mana yg akan saya buat PTK,  dan kira2 siswa mengalami kesulitan,  dan pakai metode apa, model pembelajarannya bgmn jd betul2 saya persiapkan...
Ibu idealnya abstrak itu ada bahasa Indonesia dan ada yg bahasa Inggris.  Dengan membuat  PTK kita bisa  mendapat: Jurnal Ilmiah baik cetak atau online, PTK jg hrs diseminarkan,  ada berita Acara,  ada undangan dll seperti dalam PPT saya,  insya'allah nilai 4, dan jng lupa ada bukti Surat Keterangan Penyerahan PTK ke Petugas Perpustakaan pasti lolos kenaikan pangkatnya.
Ibu saya jg bukan orang yg pandai merangkai kata. Tapi saya berusaha banyak membaca PTK org lain lnternet,  lalu saya tulis,  setelah selesai saya baca berulang2, saya tunjukkan ke teman guru Bhs Indonesia,  tlnh dikoreksi kekurangannya dimana, sampai bisa jd paragraf yg enak dibaca...
Pertanyaannya hampir sama dengsn pertanyaan no 10
Menarik atau tdk tergantung kita merangkai kata2, bahasa Indonesia yg baik,  titik,  koma dan Huruf besar dan huruf kecil tepat pengunaannya.

Pertanyaan 14, Saya mau tanya bahwa Penulis artikel ada macamnya : penulis Umum ada Penulis buku teks keduanya apa memiliki ciri penulisan yang berbeda atau bagai mana untuk memulai menulisnya.
dari Donieks.  Palangka Raya

Pertanyaan 15
Assalamualaikum Bu Rahmi,,saya noralia dari Semarang..
Ijin bertanya. Apakah mutlak kalau penelitian di sekolah harus menggunakan PTK?

Karena setahu saya ada berbagai jenis penelitian yaitu eksperimen, deskriptif/kualitatif, R&D dan PTK itu sendiri.

Apakah tidak boleh jika kita memilih penelitian R&D atau eksperimen yang ada kelas eksperimen dan kelas pembanding, terlepas ini nantinya digunakan atau tidak sebagai syarat kenaikan pangkat.
Terimakasih
Ibu menulis artikel bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yg ada disekitar kita sehari2. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 thd ekonomi masyarakat. Atau dengan adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yg dihadapi orangtua peserta didik cukup tulis 500-1000 kata,  ada masalah,  ada bahasan,  ada solusi kirim ke redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan POINT. Coin dpt honor,  POINT dpt nilai 2 utk kenaikan pangkat jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan majalah regional / provinsi nilai 1, 5

Penulis Umum itu bisa menulis buku teks Pembelajaran,  kalau yg khusus menulis buku ilmiah atau buku Motivator
Boleh ibu, utk unsur utama kenaikan pangkat tdk harus PTK,  bisa Artikel Ilmiah yg sdh dipublikasikan di Majalah atau Surat Kabar lokal atau Nasional.
Semakin sering menulis artikel,  dan semakin sering pula dimuat di Surat kabar Regional atau Nasional,  maka semakin banyak tabungan Publikasi Ilmiah. Semakin cepat naik pangkat,  dengan jujur dan bermartabat. Dan bukan sebagai guru Plagiat.
Riset and Development jg bisa,  kebetulan saya pengampu mapel PKWU bisapakai R & D

Pertanyaan 16
Assalamu'alaikum buk Rahmi, saya Ratna  dari Sigli. Ingin menanyakan apa perbedaan jurnal, artikel dan PTK. Trima kasih
Artikel sedang antara 1500-2000 kata,  artikel berasal dari fenomena / kejadian disekeliling kita,  ada permasalahan, pembahasan dan kesimpulan tanpa / dengan penelitian
Jurnal adalah ringkasan dari PTK,  yg diringkas menjadi kurang lebij 10-15 halaman,  jika jurnal online kata2 plagiat dalam jurnal minimal 30% dari keseluruhan kata dlm jurnal.

Kesimpulan :
- Marilah kita membiasakan menulis setiap  hari sedikit demi sedikiy lama jd bukit... Eeh Buku
- Hari ini pertanyaan terbanyak seputar PTK,  ada juga artikel dan Best Practice
- Untuk PTK minimum 2 siklus,  alangkah lebih baik jika 3 siklus
- Untuk merangkai kata kata dalam PTK perlu banyak membaca dan latihan
- PTK menggunakan 2 variabel yakni variabel X dan Y. Apakah perlu pakai metode / model. Kalau metode itu metode Ceramah, diskusi kelompok atau pemberian tugas. Kalau model bisa menggunakan Cooperative Learning, PBL atau PJBL. Cooperative Learning  ada Think Pair Share,  Make a Match dll

Utk menulis artikel dimajalah atau surat kabar,  dng 500- 1000 kata sdh jd artikel asal dalam paragraf sdh ada latar belakang. permasalahan dan paragrag berikutnya solusi 6-9 paragraf,  paragraf ke 10 ada kesimpulan.Terkadang tiap penerbit punya aturan dan kriteria yg berbeda.

Menulis selain bisa menjadi hobi atau kebiasaan jika kita bisa mencoba  mengirim ke Surat kabar / majalah bisa mendapat COIN dan POINT.Semakin sering menulis dan dipublikasikan semakin cepat naik pangkat jujur dan bermartabat.  Sekian dulu resume/ kesimpulan workshop belajar menulis hari ini.Jika ada kata2 atau tulisan yg tdk berkenan saya mohon maaf yg sebesar2nya.Saya disini bukan yg paling pintar,  tetapi kita belajar sharing bersama agat bisa menjadi guru yg hebat,  profesional dan berkompeten.. Dan selamat menunaikan ibadah suci Romadhon bagi yg menunaikannya. Wass Rahmi Wilandari
Yth ibu Nurjanah dari Banyumas
1.Di Era Pandemi Covid -19 jng buat PTK,  buat saja artikel ilmiah.
2. Didalam proposal PTK bab 3 kan sdh ada strategi,  dan tehnik pengolahan data ya hrs digunakan sampai siklus 3 selesai hrs sama,  tdk boleh siklus 1, 2 dan 3 beda strategi / metode
3. Media dalam pembelajaran daring bisa menggunakan whatsapp,  bisa pakai internet pakai aplikasi zoom,  goggle Classrom,  webex atau aplikasi lain yg Gratis dan sdh difasilitasi oleh Mas Menteri Nadhiem Makarim.

Assalaamu'alaikum wr wb. sya Nurjanah KK dari Banyumas.
Yg saya tanyakan:
1. Bagaimana konsep PTK di masa pandemi ini?
2. dg daring, *strategi* apa yg bisa diterapkan di siklus 1 dan 2?
3. Dg daring, *media* apa yg bisa diterapkan di siklus 1 dan 2?

Terima ksh jwbnnya Bu
Yth Ibu Nurjanah dari Banyumas, ..konsep pembelajaran daring adalah online. Jika digunakan utk PTK,  apa yg akan diukur,  prestasi atau ketuntasan ? Nilai diukur dari mana test,  angket atau wawancara. Apakah bisa kita dengan daring ( online ) menilai Hasil Test siswa secara valid? Apakah semua siswa kita punya fasilitas utk online?  Semoga kita bisa sharing dng baik...

Pertanyaannya salah. Artikel dl jurnal adalah artikel ilmiah hasil penelitian dan nonhasil penelitian. Yg dlm.koran atau majalah adalah artikel ilmiah populer.
Ya. Saya mengikuti. Saya baca pertanyaannya tadi dan yg salah pertanyaannya . Banyak yg bilang menulis jurnal, padahal.menulis artikel.ilmiah dalam jurnal.
Artikel.ilmiah hasil penelitian dlm jurnal hrs diambil dr laporan hasil penelitian, salah satunya adalah PTK.

13 komentar:

  1. mari menulis dan menjadi penulis kaya, https://youtu.be/dGhVlLeWPZk

    BalasHapus
  2. Anda memang layak dapat bintang...semangat guru Indonesia hebat

    BalasHapus
  3. Mantul...semangat berkarya

    BalasHapus
  4. Luar biasa bu, selalu menginspirasi pembelajar sejati.

    BalasHapus
  5. Luar bias ibu Rahmi,MOTIVASI Dan sharing yg bias menumbuhkan Benih benih literati kami menjadi tumbuh dengan subur.Barakallah bund, senora selalu what Dan sukses. Salam literasi

    BalasHapus
  6. Alhmdllh... Bu Rahmi salah satu guru yg kreatif menulis.. Ini menjadi inspiratif dan motivator bagi guru2 untuk berkarya. Teruslah berkarya namun jangan lupa berbagilah sambil melakukan bimbingan antar teman walau tdk semua yg respecf supaya bisa berkarya... Yg penting ada pendekatan persuasif dg bimbingan nyata... Pasti akan mengikuti jejak bu Rahmi utk berkarya di bidang mereka. Guru jaya karna berkarya...pahamkan dg jata Hindari plagiat karya namun cobalah mulai berkarya walau mengadop karya menjadi sempurna.

    BalasHapus
  7. Alhmdllh.. .bu Rahmi Sdh bnyk karya, semoga menjadi inspirasi dan motivator kpd guru2 untuk berkarya. Lakukan bimbingan kepana teman utk berkarya..... Hindari plagiat karya beri pemahaman mulailah berkarya walau mengadop dan mengadaptasi karya menjadi ada bukti nyata menghasilkan karya nyata....kembangkan terus potensi ini. Selamat.. Smoga berkah

    BalasHapus
  8. Yang ditulis bu Rahmi, suatu saat dan suatu waktu pasti akan dibutuhkan. Semoga ini jadi jariyah. Terus berkarya ibu, kami menunggu karya-karya yang lain. Selalu sehat ibu.

    BalasHapus
  9. Ibu Rahmi Wilandari, guru hebat. Jangan enggan berbagi dengan saya ya...

    BalasHapus

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...