Kamis, 08 Februari 2018

Menyambut Lahirnya Koperasi Syariah 212 Karimun Kepri

BERITA gembira ini harus disambut dengan gembira pula oleh masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Karimun. Atas inisiatif beberapa orang anak muda di 'negeri berazam' insyaallah akan lahir koperasi berbasis syariah pertama di kabupaten dengan dasar (jargon) pembangunannya 'Iman dan Takwa' ini. Koperasi ini diberi nama Koperasi Syariah 212 Mart Karimun Kepri mengikuti nama koperasi dengan brand yang sudah ada di bagian Indonesia lainnya.

Di tempat lain (seperti di Tangerang, Aceh, dll) sudah duluan berdiri koperasi dengan label 212 Mart yang mengambil nama peristiwa kebangkitan umat Islam yang ditandai dengan 'unjuk kekuatan' pada bulan dua tahun 2012 yang lalu. Nama 212 sejak demonstrasi besar-besaran itu menjadi sangat populer dan menjadi simbol kebangkitan umat Islam di Indonesia. Dan nama itu pula yang dikaitkan dengan berbagai kegiatan umat, termasuk kegiatan usaha untuk meningkatkan ekonomi umat ini. 

Lahirnya koperasi syariah dengan rencana berbagai usaha nantinya diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat (muslim) dan memudahkan masyarakat lainnya secara umum. Masyarakat diharapkan menyambut dengan antusias akan lahirnya koperasi dengan moto dari kita (umat) oleh kita (umat) dan untuk kita (umat) juga. Itulah sebabnya diharapkan koperasi mampu mencapai target, 1) kemandirian ekonomi umat, 2) peningkatan kesejahteraan umat, dan 3) kejayaan kehidupan umat dalam keredhoaan Allah. Begitu mulia harapannya.

Rencana pendirian koperasi ini sudah semakin matang. Sebentar lagi akan mendekati kenyataan. Dan akhirnya akan menjadi kenyataan. Dari jumlah anggota dan calon anggota yang begitu membludak sepertinya pendirian koperasi ini benar-benar akan terwujud tidak lama lagi. Urusan kelembagaan seperti urusan perizinan, status hukum dan hal-hal lainnya saat ini berjalan dengan baik.

Dapat diinformasikan bahwa dari 300-an yang sudah menyatakan ingin bergabung, sudah menyatakan ingin menjadi anggota dan memberikan uang penyertaan modalnya sebanyak 237 orang dengan 666 lembar dana penyertaan modal (per lembar Rp 500.000). Artinya akan ada dana penyertaan modal anggota sebesar Rp 333.000.000 (tiga ratus tiga puluh tiga juta rupiah). Sudah 66 persen dari target yang diharapkan dana yang ingin dikunpulkan. Dan dari jumlah anggota Koperasi Syariah Karimun itu diharapkan sekurang-kurang ada 100 orang (minimal) yang terdaftar sebagai anggota Koperasi Syariah Nasional sebagai syarat Karimun dapat menggunakan brand @12 Mart. Saat ini sudah tercatat 43 orang anggota yang terdaftar dengan memenuhi segala persyaratan.

Mari kita sambut berdirinya Koperasi Syariah 212 Mart Karimun Kepri. Mari semua kita yang cinta ekonomi berbasis agama ini untuk bergabung. Selamat bersama.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan