Kamis, 21 Mei 2020

Paman Apiq: Ayo Menjadi Youtuber untuk Mendapatkan Uang dari Rumah

Kuliah On Line "Belajar Menulis dan Menerbitkan Buku"
 #KelasMenulisBersama #OmJay
Waktu         : Kamis (21/05/2020) Pukul 13.00 - 15.00
Narasumber: Paman Apiq
Materi         : "DARI BLOGGER MENJADI YOUTUBER"
HARI ini, hari berkah, Kamis (21/05/2020) Kuliah On Line #KelasMenulisBersama#OmJay yang diselenggarakan setiap hari
kecuali hari Sabtu dan Ahad menampilkan narasumber Paman Apiq yang bernama lengkap Agus Nggermanto dengan tema  Dari Blogger Menjadi Youtuber dan Mendapatkan uang Jutaan Rupiah Hanya Dari Rumah.”

Paman Apiq, beliau adalah seorang Narasumber di Apiq Matematika Kreatif. Pendidikan beliau jurusan Applied Mahtematich di Institut Teknologi Bandung. Sekolah SMA beliau di SMA 2 Tulung Agung. Dia bertempat tinggal di Bandung, persisnya di Jalan Picung No 109, Bandung Indonesia. Dia juga bisa dihubungi via WA di 0818220898.

Kegiatan Kuliah Online diawali oleh pembawa acara, Mas Bambang. Selanjutnya diserahkan kepada Paman Apiq untuk menyampaikan materinya. Selanjutnya, ini adalah catatan resume penjelasan yang disampaikan langsung oleh Paman Apiq:

Paman Apiq antara lain mengatakan, “Pernah bermimpi jadi Youtuber terkenal yang bisa menghasilkan banyak uang seperti para youtuber lainnya? Ambillah contoh beberapa orang, misalnya Ria Ricis, Atta Halilintar atau Youtuber lainnya.”

Kata Paman Apiq selanjutnya, “Zaman sekarang mau mimpi apa saja bisa kalian buat menjadi kenyataan,  asal saja ada  kemauan, tekad usaha yang kuat. Enaknya jadi Youtuber uang bisa mengalir sendiri ke dompet.” Begitu dia menjelaskan. 

Tapi jangan langsung  dilihat enaknya saja. Tapi juga dilihat proses awal mereka.  Seperti apa mereka jatuh bangunnya untuk membangun chanel mereka dari nol hingga menjadi terkenal. Itu perlu proses sangat panjang. Tidak bisa tiba-tiba mendadak begitu mereka. 

Lalu Paman Apiq memberikan penjelasan selanjutnya. Ada beberapa langkah yang harus kita ikuti sebelum akhirnya kita bisa jadi Youtuber sukses seperti mereka yang saat ini sudah sukses. Kata Paman Apiq, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dan akan menjadi kunci utama untuk suksesnya chanel kita. Jangan lupa juga berdoa dan bekerja keras. Sedangkan beberapa hal yang harus dilakukan itu adalah,. 
1. Buat Channel Youtube;
2. Bikin akun AdSense ;
3. Tentukan ide dan konsep channel;
4. Konten yang menarik dan berkualitas;
5. Beli kebutuhan videografi dan editing; 
6. Terus belajar video editing; 
7. Jangan asal upload video; 
8. Promosi Channel dan video; 
9. Komunikasi dua arah; 
10. Niat dan semangat pantang menyerah;
Sampai di situ, selanjutnya Paman Apiq member kesempatan untuk Tanya jawab (diskusi).

Pertanyaan pertanyaan para peserta :
Saya akan menambah dengan beberapa contoh pengalaman pribadi sebagai youtuber.

Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.

Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di HP. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.

Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?

Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal. Lupakan editing. Matangkan persiapan.

Persiapan saya yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!

Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.

Saya mengamati untuk konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka saya buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.

Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.

Cara murah dan efisien memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.

Untuk memproduksi satu video durasi lima menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube lima menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.

Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.

Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.

Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?

Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.

Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?

Dari analytic penonton saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih dari tiga juta view. Penonton saya berminat dengan tema jarimatika. Maka saya buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.


Tahun 2019 adalah tahun Pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending youtube.

Akhirnya, mengapa jadi youtuber? Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.

Bagaimana menurut Anda?

1. Bikin saja konten apa aja;
2. Perbaiki deng konten lebih baru;
3. Pelajari statistik analytic yang disediakan youtube; 
4. Bikin konten lagi yang lebih baik lagi; dan
5. Ulangi lagi.

Assalaamu'alaikum pak. Saya Sri Indayani dari Lamongan. Pak saya tertarik video Bapak. Saya juga pingin bisa membuat vudeo seperti itu. Yang saya tanyakan aplikasi apa yang bapak gunakan untuk membuat video yg menerangkan mtk seperti nulis langsung gitu. Saya jg pingin membuat video pembelajaran fisika yang bisa nulis langsung seperti itu. Terima kasih pak
Trik terakhir: konsisten improvement kita bahas di bagian tulisan ini.

Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel lain.
Buat video lagi sesuai analytic.
Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.

Tips jadi blogger dan youtuber
1. Gunakan program gratis. Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
2. Kembangkan konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis matematika.
3. Pelajari statistik u improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik yg berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.


Demikianlah yang dapat dicatatkan di halaman ini. Yang pasti bahwa pertemuan pada siang hari ini sangatlah menarik dengan narasumber Pamam Apiq. Mengapa?  Karena dengan youtube bisa meraup banyak uang. Hadeuh jadi bermimpi ini. Tapi kita jelas sangat mengapresiasi kepintaran Paman Apiq. Terima kasih.***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...