Kamis, 21 Juli 2016

Info Pengenalan Sekolah di FB: Mari Belajar

KELUARNYA Permendikbud RI No 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah menjadikan panitia pengenalan sekolah ( dulu disebut MOS atau Masa Orientasi Sekolah) bekerja lebih mudah. Tata aturan dan mekanisme kerja kegiatan pra sekolah itu sudah dijelaskan dalam peraturan menteri itu. Pada peraturan itu sudah dijelaskan apa yang boleh dilakukan dan apa pula yang dilarang melakukannya. Intinya, pemerintah tidak ingin lagi kegiatan awal sekolah bagi peserta didik baru itu diselewengkan dengan menjadikannya arena perpeloncoan. Yang terakhir ini dilarang.


Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru serentak dilaksanakan sekolah pada awal tahun pelajaran, yaitu hari Senin, 18 Juli 2016. Di Karimun, misalnya ada yang dibuka secara resmi oleh pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten, ada pula yang hanya dibuka oleh Kepala Sekolah masing-masing. Di SMA Negeri 1 Karimun, milsanya dibuka oleh Kabid Dikmenjur, Herdan Firdaus sementara di SMA Negeri 4, dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Bakri Hasyim.

Hanya di dua sekolah itu yang konon dibuka oleh pejabat Dinas Pendidikan. Di sekolah-sekolah lainnya hanya dibuka oleh Kepala Sekolahnya saja. Misalnya di SMA Negeri 2, 3 Negeri dan beberapa sekolah swasta hanya dibuka oleh pimpinan sekolah masing-masing.

Ada pula yang menarik selama kegiatan pengenalan sekolah yang berlangsung tiga hari itu. Beberapa sekolah menginformasikan kegiatannya melalui media sosial seperti facebook. Seperti yang dilakukan Kepala SMA Negeri 3 Karimun, setiap hari kegiatan pengenalan sekolah diinformasikannya melalui facebook. Simaklah beberapa informasi berikut,

"Kegiatan hari pertama Pengenalan Sekolah Bagi Sisawa Baru SMA Negeri 3 Karimun berjalan dengan aman dan lancar. Diawali apel bendera dengan seremoni acara pembukaan, dilanjutkan pemberian materi hingga pukul 14.00 dan selanjutnya kembali ke rumah masing-masing. Untuk kelas XI dan XII diisi oleh para guru dengan pendataan dan pendaftaran ulang. Semoga besok tetap lancar. Pengenalan sekolah memang berbeda dengan MOS. Selamat malam, sahabat FB."


Foto MRasyid Nur.

Foto MRasyid Nur.







Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah alhamdulillah berjalan lancar
MRasyid Nur
MRasyid Nur Terima kasih, Om Jay.
Novi Arianto
Novi Arianto Bapak kok tak datang pelatihan instruktur nasional guru pembelajar bahasa indonesia di cisarua, jawa barat. Nama bapak terdaftar tuh dari SMA N 3 Karimun...
MRasyid Nur
MRasyid Nur Saya tak dapatnoemberitahuanya. Apa iya?
MRasyid Nur

Tulis balasan...

Novi Arianto
Novi Arianto Iya pak. dr sma 4 ad perwakilan 1 orng. Nama bapak trdaftar kok. Nti ari foto ya absennya. Ari kirim ke ery.
Novi Arianto
Novi Arianto Bapak sekelas sm ari, sayang bngt bapak tk dtng. Bnyk ilmu yg didpt pk mengenai UKG.
MRasyid Nur
MRasyid Nur Saya ingin sekali ikut jika dapat informasinya. Sayangnya saya tak dapat panggilannya. Ok, semoga dapat ilmunya dari teman tman yang ikut.


"Hari kedua, Selasa, 19.06.2016, kegiatan Pengenalan Sekolah Bagi Siswa Baru SMA Negeri 3 Karimun dengan materi PBB yang langsung dibimbing dan dilatih oleh anggota dari Lanal Karimun. Empat orang personel TNI AL membantu menjadi pelatih baris-berbaris bagi siswa baru ini. Dengan disiplin yang diterapkan, semoga para peserta didik baru itu juga bisa berdisipilin nantinya. Dengan Tri Disiplin (disiplin waktu, disiplin belajar, disiplin penampilan) yang dikembangkan sekolah ini, diharapkan akan lahir pula generasi masa depan yang berdisiplin juga dari sekolah ini nantinya. Selamat malam, sahabat FB."
Foto MRasyid Nur.




















"Pemberian motivasi pagi, salah satu program sekolah yang disampaikan di setiap Rabu pagi, dalam Apel Rabu Pagi. Inilah apel Rabu Pagi pertama di awal tahun baru, 2016/ 2017 yang penyampaian motivasi paginya disampaikan Kepala Sekolah. Judul pesan motivasi pagi hari Rabu (20/07) ini adalah Selalu Meng-update Tekad. Apel diikuti oleh guru, pegawai TU serta seluruh siswa (baru dan lama)."

Komentar
Ema
MRasyid Nur







Pada hari ketiga (setelah ditutup) Kepala SMA Negeri 3 Karimun masih memposting status di facebook yang berkaitan dengan kegiatan pengenalan sekolah. Lihatlhal status berikut,

"Permendikbud No 18 Tahun 2016 tentang Kegiatan Pengenalan Sekolah (sebagai pengganti MOS tahun-tahun sebelumnya) Bagi Siswa Baru sudah tegas melarang adanya kegiatan/ unsur perpeloncoan dalam kegiatan pengenalan sekolah bagi siswa baru tahun 2016 ini. Tapi menurut berita yang kita baca, masih ada 168 laporan masyarakat perihal kegiatan pengenalan sekolah yang mengarah ke perpeloncoan. Lalu apa tindakan Pak Menteri? Entahlah. Yang utamanya, semoga di sekolah kita tidak ada kegiatan yang mengarah ke perpeloncoan itu. Besok, siswa lama dan siswa baru akan memulai belajar di kelas sesuai jadwal setelah Rabu tadi kegiatan pengenalan sekolah sudah berakhir. Selamat malam, sahabat FB."
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Sri Rahayu Mungkin mereka blm baca juknis pak....
MRasyid Nur
MRasyid Nur Agak, atau laporan itu mengada-ada?
Suka · Balas · 1 · 14 jam
Sri Rahayu
Sri Rahayu Di kita pun,banyak jg yg masih salah sebut dg MOS,
Sekarang lebih terarah krn ada permen,dan jg materi
Hanya saja saya kok lebih suka zaman dulu untuk siswa baru yi Penataran P4
MRasyid Nur
MRasyid Nur Sebenarnya model P4 itu juga bagus. Hanya khas pemerintah kita, kalau rezim berganti, ada saja yang diganti. Ingat, P4 itu produk di era Suharto yang sejak ditumbangkan, seolah-olah semuanya kebijakannya harus dirobohkan juga.
Suka · Balas · 1 · 14 jam
Sri Rahayu
Sri Rahayu Ye juga pak,masih ingat kita K13
Akhirya nak diberlakukan juga....
MRasyid Nur
MRasyid Nur Ya, begitulah.
Muhammad Yassin
Muhammad Yassin Benar Pak MRasyid Nur. Berobah Rezim berobah kebijakan n berobah program n langkah2 pembangunan. Jadi gak ada kesinambungan pembangunan di negeri ini, padahal teori pembangunan yg berkesinambungan banyak sekali ditulis oleh para pakar ekonomi di negara kita, sampai jelak membacanya, namun teori hanya tinggal teori, dalam praktek nya jauh dari teori yg ada karena lbh memperjuangkan kepentingan politis ketimbang kepentingan pembangunan yg berkesinambungan. Lbh parah lagi, kebijakan n program2 positif rezim masa lalu juga ditinggalkan dan dibuat kebijakan batu dg format yg baru yg sdh pasti terjadi beban anggaran n bangunan lama jadi mubazir. Jangan heran kalau negeri ini gak maju2 apalagi nak Mensejahterakan rakyat, jauh panggang dari api.
MRasyid Nur
MRasyid Nur Muhammad Yassin yang saya hormati, entah kapan akan berubah. Malayisia yang setiap periode juga berganti pucuk pimpinannya, tapi tetap saja melanjutkan program pembangunan Negara yang sudah ada. Sejak PM pertama hingga Mahadhir yang lama memimpinnya, lalu kini musuhnya, tapi jalannya pembangunan Negara tetap program yang sama. Maka lebih majulah mereka dari pada kita. Pak Yasin benar (karena cukup lama mengabdi sebagai pengelola Daerah) dan merasakan betapa perubahan-perubahan itu menjadi gangguan kelanjutan pembangunan.

Demikianlah beberapa informasi tentang pengenalan sekolah yang dimuat di halaman facebook. Tentu saja informasi itu, dapat juga untuk tempat belajar bagi siapa saja. Di situ, ternyata beberapa komentar dari teman-teman facebook tidak hanya berkomentar tentang pengenalan sekolah tapi juga hal-hal lain yang tidak tidak ada kaitannya dengan pengenaan sekolah. Jadi, memang boleh jugalah untuk tempat belajar. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan