Senin, 20 April 2015

Berprestasi untuk Diri dan Negeri

MARI kobarkan jargon 'Berprestasi Untuk Diri dan Negeri' sebagai penyemangat dalam meraih prestasi. Kalimat itu selalu disampaikan di sekolah. Dalam setiap pengarahan oleh guru atau Kepala Sekolah, selalu diselipkan kalimat penyemangat ini. Tujuannya agar para siswa di sekolah ini mampu berprestasi bahkan memacu prestasi sekolah-sekolah lain yang ada di kabupaten ini.


Ternyata jargon itu mulai ada pengaruhnya sejak beberapa tahun belakangan ini. Meskipun secara akademis SMA Negeri 3 Karimun tidak mudah untuk memintas prestasi beberapa sekolah lain yang secara tradisional selalu menjadi sekolah favorit oleh siswa baru, akan tetapi di luar akademis tentu tidak mustahil untuk mengejar prestasi. Bidang-bidang olahraga, kesenian dan beberapa bidang non akademis lainnya masih mungkin untuk dikembangkan oleh sekolah.

Beberapa catatan prestasi berikut adalah bukti bahwa sekolah ini mampu menunjukkan raihan prestasinya mengiringi sekolah-sekolah 'senior' lainnya. Dua piala terbaru yang diraih, misalnya adalah, 1) Juara III Turnamen Futsal antar SMA/ MA/ SMK se-Kabupaten Karimun yang diselenggarakan oleh Kantor Pajak Pratama Kabupaten Karimun. 2) Juara III Lomba Cerdas Cermat Perpajakan yang juga diselenggarakan oleh Kantor Pajak Pratama Kabupaten Karimun. Kegiatan ini dilaksanakan pada pekan ketiga April 2015 yang baru lalu. Selain piala, para siswa juga mendapatkan uang pembinaan.

Untuk piala futsal juara I dan II diraih oleh SMK Negeri 1 Karimun dan SMA Negeri 1 Karimun. SMA Negeri 2 dan 4 serta beberapa SLTA lain tentu saja posisinya berada di bawah SMA Negeri 3 Karimun. Sementara untuk cerdas cermat, juara I dan II diraih oleh SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 1 Karimun. Menurut para guru, kedua sekolah ini jelas memiliki siswa yang input akademisnya lebih tinggi. Tapi keluarga besar SMA Negeri 3 Karimun tetap bangga karena masih ada beberapa sekolah yang difavoritkan justeru berada di urutan yang lebih belakang berbanding SMA Negeri 3 Karimun.

Beberapa bulan lalu, dua orang siswa SMA Negeri 3 Karimun juga mampu meraih prestasi terbaik di Kabupaten Karimun. Seorang siswa puteri bahkan menjadi wakil Provinsi Kepri di tingkat Nasional dalam lomba membaca puisi. Ilfa, nama siswi itu adalah juara pertama di Kabupaten Karimun dan Provinsi Kepri yang membuatnya berhak maju ke timngkat nasional di Semarang pada tahun 2014 lalu. Pada kegiatan yang sama, seorang siswa putera juga meraih juara pertama di kabupaten untuk membawanya ke Provinsi Kepri.

Kedua siswa/ wi ini telah membuktikan dirinya mampu berprestasi. Jargon  'Berprestasi untuk Diri dan Negeri' yang dipopulerkan sekolah mampu memacu semangat para siswa untuk meraih prestasi sesuai dengan bakat talenta masing-masing. Sekolah memang tidak memaksakan para siswa untuk berprestasi tinggi di bidang akademis mengingat potensi dasar mereka di bidang  akademis memang tidak terlalu mendukung. Berbanding SMA Negeri 1, 2 atau  4 jelas bahwa para siswa yang mendaftar di sekolah satu-satunya di Kecamatan Meral ini bernilai UN lebih rendah ketika masuk di kelas awal. Namun untuk prestasi non akademis, sekolah ini tidak terlalu tertinggal.

Itulah sebabnya, para guru berusaha selain terus-menerus meningkatkan kemampuan akademisnya, juga berusaha untuk berprestasi di bidang non akaemis. Semoga hasil-hasil yang sudah diraih beberapa tahun bnelakangan ini akan terus berlanjut. Jumlah piala bukti sebagai juara yang sudah memenuhi lemari kaca di sekolah, kiranya akan terus bertambah.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan