Jumat, 26 Desember 2014

Tamu dari Malaysia, Ujian Tuan Rumah

SEJAK Jumat (19/ 12) sore itu, tenda sudah terpasang. Tamu dari Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (SMKA) Nebong Tebal Seberang Perai, Pulau Pinang, Malaysia itu baru akan datang hari Ahad (21/ 12) tiga hari lagi. Panitia penyambutan tamu yang terdiri dari para guru/ pegawai SMA Negeri 3 Karimun --sebagai tuan rumah-- tidak mau mengambil risiko. Dengan kerja keras dari awal-awal, diharapkan segala persiapan dapat berjalan dengan baik.


Pada hari Sabtu dan Ahad, semua panitia bekerja maksimal untuk persiapan. Tenda yang dipasang di halaman, selain tenda untuk tamu duduk juga ada tenda untuk pentas. Panitia merencanakan acara seremoni dan hiburannya akan dilaksanakan di halaman sekolah mengingat SMA Negeri 3 Karimun memang belum memiliki aula. Selama ini, jika akan melaksanakan acara-acara hanya bisa di ruang kelas atau di musolla jika pesertanya lebih banyak. Dan jika tidak memungkinkan maka dilaksanakan di halaman sekolah dengan memasang (meminjam) tenda.

Tamu dari seberang --sesuai jadwal-- akan datang pada hari Senin, 22 Desember 2014. Ketika mereka sampai di Karimun pada hari Ahad itu, rombongan dari Malaysia akan langsung ke hotel, tempat mereka menginap selama tiga hari di Karimun. Artinya acara pokok di SMA Negeri 3 Karimun akan dilaksanakan besoknya. Persiapan selama tiga hari itu oleh panitia benar-benar dioptimalkan agar acaranya berjalan dengan baik dan lancar.

Hingga hari Ahad itu para panitia masih sibuk di sekolah. Pada saat guru-guru lain mungkin beristirahat di rumah, para panitia penyambutan tamu justeru masih sibuk di sekolah. Dari pagi hingga sore tetap berada di sekolah. Targetnya, acara esok hari jangan sampai gagal dan memalukan. Pentas sudah dihias dan alat pengeras suara juga sudah tersedia. Cuaca pun kelihatannya bagus dan cerah.

Ternyata keesokan harinya, cuaca berubah 180 derajat dari harapan. Meskipun saat ini bulan penghujan, namun beberapa hari dalam pekan-pekan itu cuacanya cukup cerah dan panas bersinar. Harapannya pada hari Senin itu juga akan panas. Tapi Tuhan berkehendak lain. Meskipun malamnya masih bertahan tidak hujan namun mendung yang bertahan sedari malam itu benar-benar pecah di pagi harinya.

Dimulai dengan sedikit gerimis, gerimis dan agak lebat lalu reda sebentar. Panitia masih berharap acara dapat terlaksana di halaman, di bawah tenda yang sudah dipersiapkan. Ternyata oh ternyata, gerimis itu hanya pembuka. Hujan pun tak tertahankan. Dan walapun pagi sekitar pukul 07.45 itu hujan seperti akan reda, panitia tidak bisa lagi berjudi dengan berharap hujan akan benar-benar berhenti. Akhirnya diputuskan untuk dipindahkan ke ruangan saja.

Di sinilah ujian terberat itu dirasakan panitia. Di saat beberapa undangan sudah mulai berdatangan (Pak Camat Meral, Ka UPTD Meral-Tebing dan beberapa lainnya, sudah mulai hadir) di sekolah, panitia harus memindahkan berbagai fasilitas ke ruangan majelis guru. Ruangan ini dipilih karena inilah ruangan terdekat dari pentas. Panitia benar-benar diuji kesabaran dan ketangguhannya. Tepat pukul 08.15 segala sesuatunya, alhamdulillah dapat diselesaikan. Kepala Dinas, Sekretaris Dinas dan Kabid Dikmen yang datang langsung masuk ke ruangan yang disediakan mendadak itu. Dan tidak lama, barulah tetamu dari Malaysia hadir dan disambut dengan tabuhan kompang oleh grup kompang SMA Negeri 3 Karimun.

Meskipun akhirnya berpindah ke ruangan yang lebih sempit, namun secara keseluruhan acara muhibbah antara warga SMA Negeri 3 Karimun dengan tamunya dari Malaysia, SMKA Nebong Tebal, Seberang Perai Pulau Pinang itu berjalan dengan lancar dan aman. Dari tari persembahan pada acara seremoni pembukaan sampai ke beberapa acara kesenian dan budaya dari dua sekolah, dapat berjalan dengan lancar. Dalam suasana masih sedikit gerimis, berbagai atraksi budaya dan seni itu akhirnya dilaksanakan juga di arena pentas yang sudah disediakan di halaman sekolah. Hanya acara perbahasan --dari Malaysia-- dan berbalas pantun saja yang dilaksanakan di musolla. Terima kasih, panitia dan terima kasih juga kepada tamu sekolah yang berkenan datang ke SMA Negeri 3 Karimun.***

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan

Halaman