Rabu, 03 September 2014

Catatan Kecil dari Pertemuan MGMP Bahasa

Pertemuan MGMP Bahasa
HARI Rabu (03/ 09) ini diadakan pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa di SMA Negeri 3 Karimun. MGMP Bahsa Indonesia dan Bahasa Inggeris para pendidik di SMA/ MA se-Kabupaten Karimun (minus Pulau Kundur dan sekitarnya) itu merupakan pertemuan rutin bulanan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.


Banyak materi yang dibicarakan pada pertemuan kali ini. Dua materi penting yang dibicarakan adalah masalah penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk Mata P:elajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggeris versi Kurikulum 2013 yang baru saja diterapkan di Kabupaten Berazam ini. Selain itu juga dibicarakan masalah penilaian pembelajaran yang di Kurikulum 2013 juga berbeda dengan kurikulum sebelkumnya. Baik penyusunan RPP maupun masalah penilaian, keduanya berkaitan dengan implementasi Kurikulum 2013 yang bagi para guru masih sesuatu yang baru.

Tapi buat saya ada catatan penting yang ingin saya sampaikan di halaman ini selain catatan pertemuan itu sendiri. Walaupun materi catatan ini tidaklah penting namun saya pandang ini sangatlah penting juga untuk disiarkan. Jadi, selain dua materi yang dibicarakan itu, saya kebetulan berkesempatan pula membicarkan ini dengan dua orang teman yang kebetulan satu jurusan: Bahasa Indonesia. Kedua guru ini mempunyai keinginan yang sama dengan saya: mengembangkan dan terampil menulis.

Yang saya maksud adalah, ketika saya dan dua orang teman itu terlibat pembicaraan yang sangst serius perihal satu hal di luar maateri MGMP itu sendiri. Materi pembicaraan kami itu adalah tentang keinginan dua orang teman ini untukm memiliki blog pribadi. Sebagai guru yang selalu mendorong rekan-rekan guru lain untuk membangun dan mengembangkan budaya literasi, saya menyambut keinginan dan pembicaraan itu.

Kata salah seorang rekan itu, dia minta saya membantu mengajarkan membuat blog pribadi. Saya menyanggupi sebatas kemampuan saya yang sebenarnya sangat sederhana. Saya memang memiliki blog pribadi selama ini untuk tempat saya berkeasi di bidang tulis-menulis. Lalu saya tunjukkan alamat blog poribadi saya itu. Kebetulan pula dia membawa modem yang memungkinkan untuk berselncar di internet.

Dua alamat blog saya di www.mrasyidnur.blogspot.com dan www.mrasyidnur.wordpress.com saya buka saat itu. Dia dapat melihat blog saya itu. Tapi saya jelaskan kalau blog saya itu sangatlah sederhana. Saya memang belum bisa membuat blog yang bagus dan hebat.

Ketika saya mencoba membuka situs blogger.com yang saya tahu menyediakan blog gratis, ternyata modem teman ini tidak mampu membukanya. Mungkin signal waktu itu tidak terlalu kuat. Tapi saya tetap memberikan beberapa penjelasan bagaimana membuka website itu. Saya juga jelaskan bagaimana nanti membukanya dan mendaftarkan diri (register) untuk membuat blog pribadi. Saya sarankan untuk menyiapkan dulu nama blog yang akan didaftarkan.

Rekan ini benar-benar serius ingin memiliki blog pribadi. Saya yakin dia akan melakukannya nanti di rumah atau di sekolah tempat dia mengabdi. Kemauannya yang sangat kuat itu pasti akan menjadi modal yang sangat bagus pula untuk mewujudkan keinginannya. Catatan kecil ini semoga dapat menjadi motivasi juga bagi rean-rekan lain. Semoga!***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar

Postingan Terbaru

Ramadan, Puasakah Aku?

Sudah kutahan tidak makan seharian Sudah kutahan pula tidak minum seharian Lama, sangat lama Sedari imsak hingga ke tennggelam surya ...