Selasa, 09 September 2014

Catatan dari Pelepasan JCH Dinas Pendidikan

Sambutan Kadis
BERTEMPAT di aula SD Negeri 001 Tanjungbalai Karimun, Selasa (09/ 09/ 14) pagi dilangsungkan acara Pelepasan Keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun yang dihadiri oleh para Kepala Sekolah --SD, SLTP, SLTA-- se-Pulau Karimun. Acara, seperti biasa setiap tahun diadakan, dilaksanakan oleh Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Atas nama bupati, hadir Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq yang melepas secara resmi.

Acara pelepasan keberangakatan JCH merupakan acara seremoni yang setiap tahun diadakan oleh Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten. Semua calon haji yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan (guru, tenaga administrasi dan pegawai kantor di Dinas Pendidikan) se-Kabupaten Karimun diundang untuk mengikuti acara ini. Pimpinan Daerah biasanya di diminta melepas secara resmi. Hari ini, karena bupati beralangan, yang datang adalah Wakil Bupati.

Acara dimulai tepat pukul 09.30 walaupun di undangan ditulis pada pukul 09.00 dengan melaksanakana acara 'adat' Tepuk Tepung Tawar. Sebanyak 16 orang JCH yang dapat hadir, diberi tepuk tepung tawar yang dimulai dari Kepala Dinas Pendidikan, MS. Sudarmadi. Sebanyak tujuh orang memberikan tepuk tepung tawar. Wakil yang agak terlambat datang, tidak ikut memberi tepuk tepung tawar.

Selepas acara adat ini, baru dilaksanakan acara inti, pelepasan dimaksud. Diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci alquran oleh M. Syafullah, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas dan pengarahan oleh Wakil Bupati Karimun. Sebagai pemuncak acara seremoni ini adalah tausiah agama oleh Ketua MUI Karimun, H. Azhar Hasyim yang dilengkapi dengan doa.

Kepala Dinas Pendidikan dalam sambutannya mengingatkan para JCH untuk menjaga kesehatan dengan baik selama di Tanah Suci. "Kesehatan kita akan sangat mempengaruhi kesempurnaan ibadah haji kita," kata Pak Madi dalam sambutannya. Selain masalah kesehatan, dia juga mengingatkan untuk saling membantu selama menunaikan ibadah haji. Jangan pelit menoloong orang lain, katanya.

Sementara itu, Pak Wabup berpesan agar JCH menjaga nama baik daerah. Doakan juga daerah dan bangsa kita ini agar terus aman dan nyaman kehidupan masyarakatnya. "Kita ke Tanah Suci, tidak semata menunaikan kewajiban haji kita tapi juga membawa dan mepromosikan Tanah Air dan daerah kita," jelasnya. Oleh karena itu dia berharap agar para jamaah benar-benar khusyuk dan hanya memikirkan ibadah saja. Insyaallah kita akan selamat dan sukses dalam ibadah nanti, katanya.

Pak Azhar Hasyim dalam ceramah tausiahnya lebih menekankan kepada tata cara dan mansik haji yang sudah dipelajari sebelum berangkat. Sudah sekian kali mengikuti manasik haji, semoga ilmu itu dapatb diterapkan di sana nanti. Selain niat yang benar, usaha yang baik dengan kesabaran yang tinggi, maka faktor ilmu ini sangatlah penting. Begitu Ketua Majelis Ulama Indonesia Karimun itu berpesan. Dia juga banyak bercerita tentang pengalamannya beberapa kali menunaikan ibadah haji sebagai petugas haji. Di akhir tausiah, dia menutup dengan doa.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan