Minggu, 21 September 2014

Bisakah Semua Guru Tepat Waktu


SEBAGAI Kepala Sekolah, salah satu obsesinya adalah disiplin sekolah berjalan dengan baik. Salah satu disiplin sekolah yang diharapkan berjalan dengan baik adalah disiplin waktu. Seluruh warga sekolah diharapkan datang dan pulang sesuai waktu yang sudah ditetapkan. Masuk belajar dan mengajar, tepat waktu. Istirahat dan masuk kembali, tepat waktu. Bubar dan kembali ke rumah juga tepat waktu.


Namun obsesi ini ternyata tidaklah mudah untuk mewujudkannya. Selalu ada alasan oleh beberapa orang yang belum juga mampu memikul dan menerapkan disiplin waktu itu pada dirinya. Terkadang tidak datang dan terkadang terlambat datang. Terkadang duluan pulang dan terkadang melalaikan tugas dan tanggung jawab.

Kepala Sekolah tidaklah berlebihan berharap, untuk penerapan disiplin waktu ini dapat dimulai dari guru untuk selanjutnya ke siswa. Guru diharapkan menjadi pelopor dan teladan bagi warga sekolah untuk pelaksanaan disiplin waktu. Jika guru sudah mampu menerapkan disiplin waktu dan sudah bisa pula menjadi teladan warga sekolah, khususnya bagi siswa maka program disiplin waktu itu akan dapat dilaksanakan dengan baik.

Menjadi persoalan, ternyata di banyak sekolah, harapan agar guru patuh dan mampu melaksanakan disiplin waktu, ternyata baru sebatas harapan. Masih ditemukan beberapa orang guru yang belum juga mampu menerapkan disiplin waktu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di sekolah. Jujur saya akui, saya masih mencatat beberapa orang guru yang selalu saja mempunyai alasan untuk terlambat datang ke sekolah.

Setelah beberapa menit bel masuk dibunyikan, ternyata masih satu-dua orang bahkan lebih guru yang belum sampai di sekolah. Ada juga guru yang sebenarnya sudah hadir sebelum bel waktu masuk dibunyikan, akan tetapi tidak pula bisa langsung masuk ke kelas ketika bel masuk dibunyikan. Selalu ada alasan dan pekerjaan sambilan yang menghalanginya masuk kelas tepat waktu.

Jika saja semua guru mampu datang tepat waktu dan masuk ke kelas atau ke ruang pembelajaran tepat waktu juga, sungguh akan bangganya sekolah. Bahkan masyarakat pun akan memberikan apresiasi khusus kepada sekolah jika guru mampu membuktikannya. Percayalah, disiplin waktu yang diterapkan oleh guru dalam fungsi dan tanggung jawabnya, pasti akan diikuti pula oleh para peserta didik lainnya. Tapi bisakah?***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan