Minggu, 10 Agustus 2014

MOS dengan Kursus Orientasi Kepramukaan

Kegiatan PBB
INILAH untuk pertama kali dalam sejarah gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Karimun melaksanakan Kursus Orientasi Kepramukaan dengan peserta para siswa, peserta MOS (Masa Orientasi Siswa) tingkat SLTA. Berlangsung selama dua hari, 8 dan 9 Agustus 2014 kegiatan yang dibiayai oleh Kwarcab ini diikuti oleh 102 orang siswa baru SMA Negeri 3 Karimun.


Ide kegiatan ini memang bermula dari keinginan Kepala SMA Negeri 3 Karimun untuk memberikan pendidikan karakter bagi calon siswa baru Tahun Pelajaran 2014/ 2015 ini. Dengan harapan agar para calon siswa baru itu memiliki sikap yang baik ketika menjadi peserta didik, dibuatlah rencana dan program pendidikan karakter dengan meminta bantuan kepada Kwarcab Karimun. Maksudnya, nilai-nilai karakter yang akan diberikan itu berupa karkater kepramukaan mengingat pramuka akan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik yang akan menerapkan Kurikulum 2013 pada TP 2014/ 2015 ini.

Ketika ide itu didiskusikan dengan Ketua Harian Kwarcab Karimun, Kak Arif Fadillah, ternyata dia sangat mendukung. Bahkan dia berharap, ke depan dapat dilaksanakan untuk sekolah-sekolah lain. Maksudnya, bukan hanya SMA 3 yang melaksanakan pembinaan karakter kepramukaan bagi calon peserta didik barunya. "Bagus juga itu menjadi program Kwarcab," katanya, waktu itu. Lalu Kepala SMA Negeri 3 Karimun menyusun proposal kegiatan dengan biaya sepenuhnya diharapkan dari Kwarcab Karimun.

Setelah rencana itu mendapat restu dari Ketua Umum Kwarcab Karimun, Kak Aunur Rafiq maka disusunlah kepanitiaan pelaksananya. Sepenuhnya pelaksana dan pelatih kegiatan ini akan disiapkan oleh Kwarcab Karimun. Lalu Kepala SMA Negeri 3 Karimun meminta Kak Basri, Kapusdiklat Kwarcab Karimun sebagai Ketua Panitia. Dia pula yang menentukan personal lainnya yang akan terlibat dalam kegiatan ini. Dan setelah segala persiapannya rampung, ditetapkanlah jadwal pelaksanaannya yakni tanggal 8 dan 9 Agustus dari rencana awal tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2014.

Kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu ini sebenarnya merupakan kelanjuutan dari MOS yang sudah dilaksanakan pada awal masuk sekolah di bulan Ramahdan lalu. MOS waktu itu hanya dengan materi dalam bentuk teori saja. Beberapa materi yang diberikan kepada peserta MOS di awal masuk sekolah itu antara lain 1) Pengenalan Sekolah dan Lingkungannya; 2) Cara Siswa Belajar dan Kurikulum; 3) Kepemimpinan Sekolah dan Siswa dan beberapa materi lainnya dengan narasumber dari sekolah sendiri dan dari luar. Sementara untuk praktek seperti PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan Pembinaan Karakter Kepramukaan yang sudah direncanakan dalam bentuk perkemahan ini dilaksanakan setelah lebaran.

Pada hari Kamis, 7 Agustus seluruh siswa kelas X terlebih dahulu mengikuti kegiatan MOS dalam bentuk latihan PBB. Dengan pelatih dari Angkat Laut Karimun, Pak Islami anak-anak digembleng satu hari penuh. Kegiatannya dilaksanakan di Kampus Bertamadun, SMA Negeri 3 Karimun. Kegiatan ini merupakan lanjutan MOS dalam bentuk praktek di lapangan. Dan setelah kegiatan PBB itulah anak-anak akan mengikuti Perkemahan Jumat- Sabtu dalam rangka pelaksanaan Kursus Orientasi Kepramukaan itu.

Alhamdulillah, kegiatannya berlangsung dengan baik dan lancar. Walaupun dibuka dan ditutup oleh salah seorang Wakil Ketua Kwarcab (tidak oleh Ketua Umum atau Ketua Harian) namun kegiatan ini menurut panitia pelaksana sudah mencapai sasaran yang sudah ditetapkan. Lima orang peserta dinyatakan sebagai peserta dengan nilai terbaik. Harapan kepada mereka yanhg sudah mengikuti Kursus Orientasi ini adalah agar nantinya mampu tampail dengan karakter kepramukaannya sekaligus mengembangkan kegiatan pramuka di pangkalan (Gudep) nanatinya. Semoga.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan