Kamis, 13 Maret 2014

Memakai Waktu Kritis Menjelang UN

TRY OUT (TO) pertama dan kedua SMA/ MA/ SMK se- Kabupaten Karimun sudah selesai beberapa yang lalu. Pekan ini tengah berlangsung Ujian Sekolah (US) yang merupakan bagian dari Ujian Nasional. Hasil-hasil TO (1 dan 2) sudah lama diketahui. Sangat menyedihkan karena hanya beberapa orang siswa saja yang mampu mendapatkan nilai yang memadai. Lebih banyak yang tidak lulus lagi.

 Hasil US sampai hari ini, Kamis (13/ 03) juga sudah diketahui oleh guru walaupun mungkin orang tua belum semua yang mengetahui. Korektor sudah menyetorkan hasil koreksinya kepada panitia untuk diteruskan ke Kepala Sekolah. Dan ternyata nilai-nilai yang diperoleh sudah jauh lebih baik dari pada hasil TO yang lalu. Dari pengamatan tampak bahwa jumlah siswa yang berhasil sudah memuaskan. Hanya beberapa saja lagi yang masih gagal. Kalau hasil TO sengaja disosialisasikan kepada orang tua siswa sekaligus sebagai sosialisasi UN maka hasil US tidak lagi akan disosialisasikan kepada orang tua.

Bagi siswa peserta TO dan US yang dalam waktu sebentar lagi akan melaksanakan UN (Ujian Nasional) hasil TO dan US ini sangat penting. Kalau hasil TO dipakai sebagai warning untuk menghadapi US dan UN maka hasil US sudah merupakan nilai yang akan mempengaruhi kelulusan. Nilai-nilai ini akan masuk salah satu komponen kelulusan selain nilai rapor (SM 2, 3, 4, dan 5) dan UN yang akan dilaksanakan pada 14 April nanti.

Walaupun hasil TO itu belum akan memuaskan namun justeru di situlah letak urgensinya bagi siswa. Semakin rendah bahkan tidak lulus hasil TO seorang siswa, itu sejatinya semakin baik buat siswa yang ingin mengulang untuk belajar kembali. Dengan nilai yang masih rendah diharapkan para siswa benar-benr tahu di mana kekurangan materi yang belum dikuasai.

Bagi seorang siswa yang memperoleh nilai-nilai yang baik sebenarnya bagus-bagus saja. Tapi jika karena perolehan nilai yang bagus membuat mereka lalai dan memandang enetng waktu-waktu yang tersisa menjelang UN, di sinilah jeleknya. Sebaliknya bagi siswa yang mendapatkan nilai belum memuaskan, diharapkan segera menyadari dan segera mencari tahu materi apa saja yang ternyata gagal.

Sekolah di sisi lain, segera pula harus membuat terobosan baru dan itu tentu saja sudah dilakukan menjelang US kemarin itu. Dan terbukti hasil US jauh lebih baik dari pada hasil TO. Itu bukti bahwa pasca TO sekolah kembali menggenjot para siswa untuk belajar lebih intensif sehingga menghadapi US mereka lebih.

Tapi yang juga tidak kurang pentingnya adalah persiapan para siswa menghadapi UN yang sudah sangat dekat waktunya. Waktu-waktu yang tinggal beberapa hari saja lagi menjelang medio April itu sangat berguna bagi siswa. Walaupun waktunya sudah sangat kritis dalam artinya sudah sangat mepet menjelang UN, para siswa wajib memanfaatkan waktu ini dengan sebaikbaiknya. Dengan begitu kesiapan diri menghadapi UN nanti benar-benar oke. jangan sampai ada penyesalan. Maka pakailah waktu kritis ini dengan sebaik-baiknya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan