Senin, 27 Januari 2014

Mengeluh Perbuatan Ringan yang Memberatkan

SERING tanpa disadari kita mengeluh dalam menghadapi sesuatu. Kita terkadang bisa mengeluh dalam menghadapi tantangan harapan atau cita-cita. Bisa juga kita mengeluh karena menghadapi pekerjaan yang sedang kita lakukan.


Dengan mengeluh ketika melakukan sesuatu yang sebenarnya sangat ringan, sesungguhnya keluhan itu akan menyebabkan rasa berat dalam melaksnakannya. Keluhan sudah pasti akan menyebabkan rasa berat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Tidak ada bantuan apapun yang didapatkan dari keluhan. Keluhan itu adalah benih virus yang dapat berkembang menjadi penghalang dalam menuntaskan pekerjaan.

Umpamakan kita tengah menyusun sebuah tulisan yang mungkin sebelumnya sudah terbiasa dan merasa ringan-ringan saja. Tapi ketika kita mengeluh dalam menyelesaikan tulisan tersebut disebabkan satu hal maka akan terasalah menulis itu menjadi berat. Rasanya ide-ide yang tadi sudah ada di kepala, tiba-tiba menjauh bahkan menghilang. Dan itu akan membuat perasaan sangat berat sekali dalam menuntaskan tulisan tersebut.

Begitu juga dalam pekerjaan lain. Seorang guru, misalnya akan merasa begitu berat dalam melaksanakan tugas mengajar di kelas jika selalu dibarengi dengan keluhan. Mengeluh mungkin karena peraturan yang terasa ketat di sekolah, atau mengeluh karena jarak sekolah yang terasa jauh dari rumah; dan banyak penyebab lainnya. Jika sebab-sebab yang tidak menyenangkan itu dibawa dan dibarengi menjadi keluhan maka terasa begitu berat dalam melaksanakan tugas mengajar tersebut.

Setiap pekerjaan pasti ada kendala dan alangan, apapun pekerjaan tersebut. Tapi setiap kendala atau alangan pasti akan ada jalan keluarnya. Tidak ada 'penyakit tanpa obat' kata para ustaz. Maka yakinkan diri bahwa setiap tugas dan tanggung jawab yang menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab kita, lasksanakan saja dengan ikhlas dan rasa senang hati. Membawa pekerjaan dan tanggung jawab itu kepada perasaan senang itulah yang akan menyebabkan terasa ringannya suatu pekerjaan.

Sebaliknya membawa pekerjaan ke ranah keluhan sudah pasti akan membuat pekerjaan itu terasa begitu berat. Dia terasa begitu sangat berat. Rasanya tidak akan pernah bisa melakukannya. Tapi percayalah, itu hanyalah perasaan belaka. Perasaan memang bisa membawa ke mana saja. Bisa senang, mudah, berat atau ringan. Tinggal bagaimana kita mengelolanya saja. Jika tidak ingin merasakan keberatan, buatlah perasaan senang ketika melaksanakan tugas itu. Itu saja yang penting. Semoga.***

2 komentar:

  1. Sippppp Pak...semoga kita selalu ringan tangan dalam bekerja dan menikmati profesi ini..


    salah sejuk dari Kota Bandung..

    Saya sangat mau ke Karimunn..hohoho

    BalasHapus
  2. Salam juga dari Karimun. Kapan mau ke Karimun, ditunggu, hehe. Terima kasih atas komentarnya.

    BalasHapus

Silakan

Halaman