Sabtu, 16 November 2013

Gerakan Pramuka adalah Gerakan Perubahan Karakter

KAMIS malam (14/ 11/ 13) lalu saya ditugaskan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karimun melalui Ketua Harian, Kak Arif Fadillah untuk menutup Kursus Mahir Tingkat Dasar Gerakan Pramuka Karimun yang diadakan di Moro. Pada saat itu, sesungguhnya saya tengah mengikuti "Sosialisasi dan Identifikasi Infrastuktur Pengendalian Internal Pemerintah Di Lingkungan Dinas Pendidikan" yang diadakan di Wisma Karimun, Tanjungbalai Karimun. Sebagai sebuah kepercayaan, saya berangkat ke Moro dengan minta izin di acara sosialisasi itu.

Dalam sambuatan dan pengarahan penutupan itu, setelah menyampaikan salam Ketua Umum (Kak Rafiq), Ketua Harian (Kak Arif) dan para Wakil Ketua yang lain, saya sedikit memberikan pesan kepada para peserta kursus tentang hakikat berkegiatan kepramukaan. Saya percaya kalau semua kakak-kakak yang ikut --sebanyak 50 orang peserta-- itu sudah mengerti apa dan bagaimana tujuan dari setiap keikutsertaan dalam gerakam pramuka.

Satu hal yang kembali saya ingatkan adalah bahwa gerakan kepramukaan itu bertujuan juga untuk mengadakan perubahan karakter dari anggotanya. Perubahan di sini tentu saja maksudnya jika karakter itu perlu perubahan demi perbaikan ke depan. Bukankah setiap orang selalu mempunyai permasalahan. Dan permasalahan yang menyulitkan adalah jika seseorang itu memiliki karakter yang tidak baik. Beberapa karakter yang tidak baik misalnya pemalas, tidak bersemangat, tidak jujur, tidak menghargai pendapat dan pandangan orang lain.

Seorang anggota pramuka yang pemalas dalam kesehariannya tentu saja akan membuat dia selalu dibelit masalah dalam kehidupan. Malas bekerja, malas ke sekolah, malas ke tempat kerja dan malas-malas lainnya. Itu jelas akan membuat aktivitas yang direncanakan akan tertunda atau terabaikan begitu saja.

Maka gerakan pramuka hendaknya mampu mengubah karakter jelek itu. Dengan latihan selama satu pekan diharapkan nilai-nilai kepramukaan yang selama (sebelum) latihan sudah dilaksanakan, diharapkan ke depannya semakin dimaksimalkan. Perubahan yang diharapkan bukan hanya karena latihan yang sepekan itu saja tapi karena gerakan pramuka secara keseluruhan. Semoga!***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan

Halaman