Jumat, 18 Oktober 2013

Workshop Untuk Pengembangan Diri

SELAMA tiga hari --Jumat, Sabtu- Minggu/ 18-20/ 10/ 13-- para guru SMA Negeri 3 Karimun mengadakan kegiatan pengembangan diri. Kegiatan workshop dengan materi Pembuatan Bahan Ajar dan Penilaian Kinerja Guru itu dilaksanakan di SMA Negeri 3 Karimun. Dengan narasumber guru dari salah satu SMA di Pulau Karimun, kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman guru, terutama dalam pembuatan bahan ajar.

Biaya yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah biaya mandiri. Maksudnya dibiayai oleh para guru itu sendiri. Sekolah hanya membantu memberi konsumsi untuk satu hari kegiatan sementara dua hari lagi ditanggung oleh para guru sendiri. Menurut salah seorang peserta, kegiatan ini benar-benar bersifat mandiri dari segi pembiayaan. Tidak ada anggaran khusus untuk kegiatan ini. Dan saya tahu itu. Untuk sertifikat saja mereka tanggulangi sendiri.

Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberi pengalaman dan pengetahuan para guru dalam menyusun bahan ajar disamping materi PKG/ PKB. Para guru akan berkesempatan mendapat ilmu dari narasumber dalam membuat bahan ajar. "Selaian membuat power point yang antraktif, para guru juga diajarkan materi 'kelas maya' yang  merupakan pembelajaran dengan menggunakan fasilitas internet," kata peserta lainnya. Selain itu juga akan diberikan materi PKG dan PKB yang sudah harus dilaksanakan sejak awal tahun 2013 ini.

Sekolah tentu saja sangat mendukung  inisiatif para guru untuk mengadakan workshop secara mandiri ini. Sebagai Kepala Sekolah saya sangat berterima kasih kepada para guru yang begitu antusias dalam memngikuti  kegiatan ini. Pada hari pertama (Jumat) ini saya melihat para guru begitu bersemangat mengikuti workshop. Sayangnya, sesi siang (selepas solat Jumat) kegiatannya tidak dapat dilanjutkan karena lampu PLN mati. Para guru sudah menunggu hingga pukul 14.30 baru bubar dan kembali ke rumah masing-masing. Kepala mengizinkan pulang saja karena arus listrik yang tidak menyala itu.

Sebagai Kepala Sekolah saya yakin, mereka mau mengorbankan waktu dan mungkin juga kegiatan di rumah adalah demi pengetahuan penting ini. Inilah bukti betapa paraa guru benar-benar serius dalam usaha pengembangan dirinya. Guru yang baik, salah satunya adalah guru yang terus-menerus mau melakukan pengembangan dirinya demi tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Terima kasih, Bapak/ Ibu Guru. Saya yakin, Anda semua akan menjadi guru yang sukses.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan