Selasa, 22 Oktober 2013

Pemilu OSIS

HARI Senin (21/ 10) lalu panitia pemilihan Ketua Osis SMA Negeri 3 Karimun melaksanakan pemilihan Ketua Osis SMA Negeri 3 Karimun masa bakti 2013/ 2014. Waktu yang dipergunakan adalah jadwal apel Senin Pagi. Artinya, apel bendera tidak dilaksanakan tapi diganti dengan kegiatan pemilihan tersebut.
Perihal dipakainya waktu apel untuk pemilihan Ketua Osis adalah karena sekolah tidak mengizinkan menggunakan jam belajar untuk kegiatan ini. Jadi, terpaksa dilaksanakan pada jam apel bendera yang biasanya diadakan setiap hari Senin.

Tapi sesungguhnya waktu pelaksanaannya tidak pula di pagi hari. Jika alokasi waktu apel bendera yang dipakai, seharusnya di pagi hari. Tapi ternyata pemilihan Ketua Osis diadakan pada siang hari, pada jam yang seharusnya siswa sudah pulang ke rumah. Ini disebabkan karena di waktu paginya cuaca hujan. Jadi, proses pembelajaran dimajukan pada jam apel. Dan jam apel di akhir waktu dipakai untuk pemilihan Ketua Osis.

Yang menarik dari proses pemilihan ini adalah bahwa para siswa yang termasuk ke dalam kepengurusan Osis masa bakti 2012/ 2013 itu terbukti mampu melaksanakan pemilihan Ketua Osis dengan baik dan lancar. Dengan enam buah bilik suara, para siswa sebagai pemilih diatur berbaris (berbanjar) lurus ke belakang. Merreka dibagi menjadi enam barisan panjang. Masing-masing dua barisan untuk kelas X (sepuluh) dan kelas XI (sebelas) serta XII (dua belas) masing-masing dua-dua barisan pula. Dengan demikian proses pemilihannya berjalan lebih cepat. Hanya memerlukan waktu kurang lebih 50 menit saja untuk menyelesaikan 400-an siswa SMA Negeri 3 Karimun.

Saat berita ini ditulis, hasilnya memang belum diperoleh. Tapi bagi saya, kerja keras para siswa yang terlibat dalam kepanitiaan itu begitu hebat. Mereka dengan cekatan mampu melaksanakan kegiatan pemilihan dengan baik. Semoga kelak mereka juga mampu menyelesaikan tugas-tugas yang dipercayakan kepada mereka setelah tamat nanti.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan