Jumat, 19 April 2013

Habis UN, Belajarlah Terus

ANGGAPAN bahwa sehabis UN (Ujian Nasional) boleh santai dan berleha-leha, sebenarnya adalah pandangan yang salah. Para siswa kelas XII yang baru saja melewati peperangan berat dan saat ini hasilnya belum diketahui, sebaiknya tidak menjadikan sisa waktu menjelang pengumuman sebagai hari libur panjang. Boleh berlibur dalam arti tidak berlebih-lebihan.



Libur berlebih-lebihan maksudnya dengan mengisi waktu untuk perbuatan dan tindakan yang dapat merugikan. Misalnya, begadang setiap malam. Itu dapat mendatangkan penyakit. Atau sengaja mengisi waktu berhari-hari keluar rumah tanpa diketahui orang tua kemana perginya. Ini juga akan merugikan dan menimbulkan masalah bagi keluarga. Orang tua atau keluarga akan risau karena tidak mengetahui kemana kita pergi.

Sejatinya, sisa waktu menjelang pengumuman diisi juga dengan kegiatan positif seperti tetap belajar atau menambah wawasan pengetahuan, misalnya. Kita bisa membaca buku, majalah, koran atau menonton televisi yang bermanfaat. Bahkan kalau perlu mengikuti kursus atau belajar tambahan sesuai minat yang sudah kita targetkan untuk melanjutkan kuliah jika kelak lulus UN. Bukankah setiap siswa sudah mempunyai rencana untuk kuliah jika lulus? Dan tentu saja rencana kuliahnya sudah ada pilihan sesuai minat atau kemampuan. Nah, alangkah baiknya waktu-waktu menjelang pengumuman ini dipakai untuk menambah pengetahuan yang sesuai dengan rencana pilihan itu.

Beberapa siswa yang ternyata lebih banyak menggunakan waktunya untuk bermain saja, dapat dipastikan nanti akan menyesal. Waktu yang berlalu itu tidak akan pernah kembali lagi. Alangkah baiknya belajar, belajhar dan belajar. Bahkan jika nanti tidak lulus, ketika akan mengulang kembali, ilmu pengetahuan tambahan itu pun akan berguna. Jadi, mari diisi waktu kosong ini dengan belajar terus.***

3 komentar:

  1. setuju sekali karena ilmu itu adalah harta yang tidak ternilai harganya

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah membaca dan memberi komentar.

      Hapus

Silakan

Halaman