Sabtu, 23 Maret 2013

Jujur di US Mudah di UN

ADA dua manfaat yang dapat dipetik dari pelaksanaan US (Ujian Sekolah) yang di Kabupaten Karimun untuk SMA/ MA/ SMK sudah berlangsung sejak hari Senin (18/ 03) lalu. Pertama adalah untuk mendapatkan nilai terbaik sebagai penambah nilai rata-rata rapor sebagai dasar mendapatkan Nilai Sekolah (NS). NS sendiri adalah salah satu komponen nilai yang akan menjadi penentu kelulusan dalam UN nanti. Manfaat kedua adalah untuk melatih siswa agar bekerja jujur, sportif dan mandiri dalam menyelesaikan soal-soal yang ada.
Untuk manfaat pertama adalah bahwa hasil kerja siswa dalam US ini nanti akan mempengaruhi NS yang menjadi komponen nilai penentu kelulusan. NS didapatkan dari 40 persen nilai rata-rata rapor (semester 3, 4 dan 5) ditambah 60 persen nilai US ini. Berapa pun hasilnya maka itu akan menjadi nilai penentu kelulusan yang disebut dengan NS (Nilai Sekolah). NS yang didapatkan ini nantinya akan diambil 40 persen lagi dan ditambah 60 persen dari UN yang akan berlangsung medio April nanti.

Jika para siswa mampu memperoleh nilai lebih baik (di atas angka 7, misalnya) setelah nilai rapor digabung dengan nilai US ini maka untuk nilai UN nanti sudah tidak perlu terlalu tinggi. Seumpama 40 persen dari angka 7 itu berarti sudah mendapatkan nilai 2,8. Untuk mendapatkan nilai 5,5 sebagai syarat kelulusan tinggal mencari nilai 2,7 saja. Jika dalam UN mampu mendapatkan nilai angka 4,5 saja maka itu sudah besar kemungkinan akan lulus sebab 60 persen dari angka 4,5 sudah lebih dari 2,7 dengan catatan tidak ada nilai di bawah angka 4,0.

Namun yang juga penting untuk diperhatikan selama US itu adalah bagaimana peserta US mampu bekerja secara jujur, sportif dan mandiri. Bekerja secara mandiri tanpa mencontek jawaban temannya inilah manfaat utama yang wajib dipetik. Ini penting karena dalam UN nanti tidak akan ada lagi kesempatan mencontek antar peserta mengingat paket soal yang berbeda untuk setiap orang dalam satu ruang. Dari 20 orang (maksimal) peserta yang ada dalam satu ruang ujian, mereka akan mendapat paket soal yang berbeda antara satu dengan lkainnya. Bahkan lembar jawaban setiap soal sudah diberi kode khusus yang sama dengan soal untuk setiap peserta.

Dengan keadaan demikian maka kunci keberhasilan UN nanti salah satunya dapat dilihat dari pelaksanaan US ini. Peserta yang dapat melaksanakan US dengan baik dan benar dalam pengertian bahwa mereka telah mengikutinya dengan penuh kejujuran tanpa merasa harus bergantung kepada pihak lain maka besar kemungkinan dalam UN nanti pun mereka akan sukses juga. Jadi, sukses dalam US insyaallah akan sukses juga dalam UN nanti. Semoga.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan