Kamis, 29 November 2012

Resepsi HUT PGRI dan Undian Umroh Gratis itu


UNDIAN umroh gratis adalah salah satu kegiatan yang selalu menyedot keinginan para guru untuk hadir pada acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dan Hari Guru Nasional (HGN) Kabupaten Karimun. Pencabutan undian umroh gratis adalah salah satu mata acara dalam setiap peringatan HUT PGRI dan HGN di Karimun, sejak dua tahun terakhir. Tahun lalu, 10 orang pendidik dan tenaga kependidikan beruntung berangkat umroh ke Tanah Suci dengan biaya Pemerintah Daerah. Tahun ini, Ketua  PGRI Karimun MS. Sudarmadi menjelaskan akan ada 12 orang yang akan diberangkatkan umroh. Bahkan Ketua DPRD, Raja Bahtiar saat mencabut dua undian umroh minta tambahan satu seat lagi: jadilah 13 orang. Kabarnya para guru yang beruntung ini akan ke Tanah Suci sekitar bulan Februari atau Maret nanti.

Resepsi HUT PGRI dan HGN tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Kundur Barat pada hari Rabu (28/11/12) lalu yang salah satu acaranya adalah pencabutan undian motivasi berupa ibadah umroh itu. Tentu saja hanya untuk yang muslim. Jika undian yang beruntung adalah non muslim maka kepadanya tetap diberi uang sebesar anggaran umroh itu. Resepsi peringatan HUT PGRI memang merupakan puncak dari berbagai kegiatan dalam rangka HUT PGRI dan peringatan HGN di Kabupaten Berazam. Berbagai kegiatan selain 'pencabutan undian umroh gratis' sebenarnya sudah dilaksanakan sebelum acara puncak ini.

Pada tanggal 22 November lalu, misalnya sudah diadakan Seminar Nasional Pendidikan yang mendatangkan pakar pendidikan dari UNJ (Universitas Negeri Jakarta) dan UR (Universitas Riau) Pekanbaru sebagai nara sumber. Dr. Dwi Deswary, MPd (UNJ) dan Prof. Dr. Firdaus LN, MSi (UR) pembicara utama pada seminar sehari itu juga didampingi dua pembicara lokal, Dr. H. Nurdin Basirun, S. Sos M.Si (Bupati Karimun) dan Raja Bahtiar, MM (Ketua DPRD Karimun). Kedua tokoh ini memang termasuk orang yang sangat konsen dengan kemajuan pendidikan di Karimun.

Selain seminar itu, sebelum acara puncak resepsi silaturrahim antar anggota PGRI se-Kabupaten Karimun, juga sudah diadakan apel bendera memperingati HUT PGRI ke-67 dan HGN Tahun 2012 dengan Pembina Upacara Bupati Karimun, H. Nurdin Basirun. Acara itu dilaksanakan hari Senin (26/11) lalu dengan mengambil lapangan upacara Costal Area, Tanjungbalai Karimun sebagai tempat upacaranya. Ribuan guru dan para siswa membludak, memenuhi lapangan di lokasi wisata Karimun itu.

Barulah acara puncak resepsi itu. Hadir dalam resepsi tahun ini Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq, S. Sos M. Si menggantikan Bupati yang kebetulan ada tugas keluar kota. Selain wakil bupati juga hadir FKPD (Forum Komunikasi Pemerintah Daerah) yang merupakan petinggi kabupaten seperti Kapolres, Danlanal, Kajari (diwakili) dan beberapa orang anggota DPRD Kabupaten Karimun, termasuk ketuanya. Tentu saja para Kepala Deinas dan Kantor di lingkungan Pemerintahan Kabupaten ikut hadir juga.
Ramainya para guru dan pegawai pendidikan yang hadir kali ini tidak lepas dari program undian umroh gratis yang diadakan panitia. Dua ribuan guru-pegawai hadir dari 3.500-an orang pendidik dan tenaga kependidikan di kabupaten. Sebenarnya semua mereka ingin hadir. Hanya karena kebijakan panitia tidak meliburkan semua sekolah (sesuai izin Dinas Pendidikan) maka sebagian guru tidak bisa hadir ke tempat acara. Namun undian untuk mereka tetap ada dan tetap berkesempatan memenangkan undian itu.

Kebijakan pemberian penghargaan tahunan berupa umroh kepada para guru dan pegawai (sebagai anggota PGRI) bersempena HUT PGRI dan HGN merupakan kebijakan yang menunjukkan betapa Pemda mempunyai perhatian yang kuat kepada insan pendidik. Harapannya tentu saja para guru mempunyai memotivasi khusus dalam mengemban tugasnya. Dengan penghasilan yang memadai karena adanya tunjangan daerah disamping gaji tetap dan tunjangan program sertifikasi dari Pemerintah Pusat. guru sudah sewajarnya lebih gigih dan bersemangat dalam melaksanakan tugas. Istilah Umar Bakri yang miskin sudah tidak tepat karena Umar Bakri hari ini sudah berpenghasilan lumayan. Dan undian umroh garatis itu hanyalah bagian kecil dari strategi motivasi yang mesti dipupuk.

Pertanyaannya, sudahkah para guru mewujudkan harapan bangsa untuk mendidik dan membimbing peserta didiknya menjadi manusia yang berkarakter mulia demi masa depan bangsa dan masa depan peserta didik itu sendiri? Image negatif guru malas, guru tidak berintegritas, guru penjiplak, guru tak jujur dan tak bversemangat, sejatinya sudah ditinggalkan. Selamat Ualang Tahun sahabat Guru.***

Seperti sudah dipublish di: http://edukasi.kompasiana.com/2012/11/29/resepsi-hut-pgri-dan-undian-umroh-itu-506724.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan